Kamis, 25 Mei 2023 | 16:50:08 WIB | Dibaca : 12349 Kali

Tabligh Akbar Salah Satu Cara Menyampaikan Perintah Allah

Editor : Indra - Reporter : Asih Ismayuni - Fotografer : Anggri Elsyafiandi
Tabligh Akbar Salah Satu Cara Menyampaikan Perintah Allah Teks foto:

BENGKALIS, PROKOPIM - Bupati Bengkalis diwakili oleh Plt. Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Alfakhrurrazy menghadiri rapat persiapan Tabligh Akbar di Masjid Agung Istiqomah dibuka oleh Ustad NUr Mubarok dari Dumai Pimpinan Ponpes Albarokah Dumai, Kamis (25/5/2023).

"Sejak zaman Rasulullah hingga hari ini, pada setiap masa dakwah dan penyebaran agama dilaksanakan secara terus-menerus dengan mengikuti manhaj beliau. Para sahabat, para tabi'tabi'in, para ulama, para ahli hadits, para fuqaha, para ahli kalam dan para shalihin telah mengembangkan dakwah Islam pada zaman mereka menurut kepandaian dan kemampuan mereka masing-masing." Ujar Ustad Nur Mubarok.

Kemudian, pekerjaan dakwah terus dilakukan seiring dengan perkembangan zaman. Masing-masing kelompok dari umat Islam memiliki cara tersendiri untuk melangsungkan dakwahnya. Salah satunya adalah jamaah tablig atau kelompok penyampai. Tutup Ustadz yang disapa Mubarok.

Sementara Plt. Staff Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Alfakhrurrazy mengatakan, seorang mubaligh atau penceramah menyampaikan materi ajaran-ajaran Islam yang bersumber pada Al-Quran dan hadist yang berupa ajaran sunnah dari Rasulullah. 

Seorang mubaligh dapat menyampaikan ceramahnya melalui lisan maupun tulisan. Selain itu, lanjut Razy, mubaligh juga mempunyai kesempatan secara leluasa untuk membangun suasana tabligh yang aktif dan kreatif. Sehingga materi yang dibawakan dapat tersampaikan dengan baik kepada jemaah tabligh. 

"Tujuan tabligh tidak lain untuk mencapai kebahagiaan, ketentraman, dan ketenangan dalam hidup. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa kegiatan tabligh dilakukan dengan tujuan untuk menyampaikan risalah atau ajaran Allah dan Rasul kepada seluruh umat muslim sehingga dapat diterapkan langsung dalam kehidupan sehari-hari." Tutup Razy.

Turut hadir, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis H. Khaidir, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Jamaah Masjid Agung Istiqomah dan para pengurus Masjid Agung Istiqomah Bengkalis.