Senin, 02 September 2024 | 14:26:27 WIB | Dibaca : 212 Kali

Buka Lomba Masak Serba Ikan, Bupati Ajak Kampanyekan Makan Ikan, Cegah Stunting

Editor : Indra - Reporter : Syariah - Fotografer : Asih Ismayuni
Buka Lomba Masak Serba Ikan, Bupati Ajak Kampanyekan Makan Ikan, Cegah Stunting Teks foto:

BENGKALIS, PROKOPIM - Bupati Bengkalis diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Andris Wasono membuka kegiatan lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2024, Senin (2/8/9/2024).

Acara yang digelar Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis dipusatkan di Lapangan Kantor Dinas Perikanan tersebut mengusung tema "Konsumsi Ikan Cegah Stunting untuk Generasi Sehat dan Tangguh", dengan tiga kategori menu yakni, menu kudapan, menu balita dan menu keluarga.

Tampak seluruh peserta perwakilan TP-PKK dari 11 kecamatan se-Kabupaten Bengkalis menyuguhkan beragam hasil olahan ikan mulai dari bakso, rawon tongkol, burjang tuankang tabur, kolek bujang bebakol, parang seri muka, kelor lele akar, waffle Ikan gabus, dolan kembung dan masih banyak lagi.

Andris Wasono dalam sambutannya mengungkapkan rasa senang dan menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Melalui kegiatan ini dapat menjadi salah satu media untuk mengkampanyekan serta mendukung program gerakan makan ikan kepada masyarakat dinegeri junjungan, guna mencetak generasi Kabupaten Bengkalis yang sehat, handal serta unggul dalam menyambut Indonesia emas 2045 mendatang," harap Andris. 

Ia menegaskan, kampanye gerakan gemar makan ikan ditengah-tengah masyarakat bukan menjadi tanggung jawab pemerintah semata, akan tetapi perlu kolaborasi dan sinergi dari berbagai pihak.

"Momentum lomba masak serba ikan hari ini, kami mengharapkan partisipasi semua pihak, baik itu TP PKK, penyuluh perikanan, Forum peningkatan konsumsi ikan nasional (Forikan) serta Dharma Wanita, ikut berpartisipasi dalam mendorong budaya memasak dan mengkonsumsi ikan sebagai menu keluarga kepada masyarakat negeri junjungan," kata Andris.

Khusus kepada peserta lomba masak, Andris berharap kiranya kegiatan ini dapat menjadi motor penggerak, dalam mengembangkan dan mensosialisasikan semua masakan hasil lomba serta mentransformasikan seluruh menu, menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi kepada keluarga dan masyarakat. 

Sementara itu Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Hj Siti Aisyah yang juga selaku dewan juri dalam sambutannya berharap, agar resep-resep masakan yang dilombakan bisa disosialisasikan kepada masyarakat.

"Hal ini sebagai bagian dari mengkampanyekan gerakan gemar makan ikan untuk pemenuhan gizi, anak-anak pada masa pertumbuhan," jelas Siti Aisyah.

Acara turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Sofyan, Staf Ahli Bupati Johansyah Syafri, H. Bustami HY, dan Ed Efendi. Ketua DWP Ira Vandriyani, Kepala Dinas Perikanan Kholijah, Kepala Dinas Kominfotik Suwarto, Kepala Dinas Sosial Paulina, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Susy Hartati, Kabag Kerjasama Setda Dian Rachmadany.