Sabtu, 21 September 2024 | 1:01:07 WIB | Dibaca : 163 Kali

Buka Festival Teater Kontemporer, Bupati Harapkan Dengan Budaya Melayu Ciptakan Kehidupan Yang Harmonis

Editor : Indra - Reporter : Maryam - Fotografer : Muhammad Imam Lutfi
Buka Festival Teater Kontemporer, Bupati Harapkan Dengan Budaya Melayu Ciptakan Kehidupan Yang Harmonis Teks foto:

BENGKALIS, PROKOPIM - Wakil Bupati Bengkalis H. Bagus Santoso membuka festival teater kontemporer sejarah melayu Bengkalis episode 2 tingkat pelajar se-Kabupaten Bengkalis dan bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) budaya Melayu, Sabtu (21/09/2024) bertempat di Gedung LAM Riau Kabupaten Bengkalis. 

Pada Kesempatan tersebut Bagus mengapresiasi kepada panitia pelaksana, khususnya kepada markas besar nasional pasukan kehormatan negeri Kabupaten Bengkalis, yang telah mempersiapkan serta melaksanakan kegiatan festival ini.

“Kepada semua pihak, mari kita berikan dukungan kepada panitia maupun kepada peserta teater yang mengikuti festival ini, sebagai wujud keikutsertaan kita secara tidak langsung dalam mempersiapkan sejak dini generasi melayu, yang bisa eksis serta memiliki ilmu, memiliki kreatifitas, memiliki kompetensi dalam menjaga adat, harkat, martabat dan budaya melayu, sehingga ianya tetap lestari zaman berzaman”, ajaknya.

Selanjutnya, sambung Bagus, budaya dan adat istiadat melayu khususnya dalam bidang teater kepada masyarakat di negeri ini, tentunya harus terus kita tingkatkan lagi karena kita masih melihat, khususnya generasi pelajar dan generasi muda kita, para generasi melayu penerus masa depan, lebih tergiur pada budaya dan kesenian modern yang membuat mereka lupa bahkan meninggalkan seni dan budaya daerah warisan para nenek moyang mereka sendiri. 

“Kami ingin ke depannya, agar kita dapat bersama-sama menjadikan nilai-nilai budaya melayu sebagai pegangan dalam menciptakan kehidupan yang harmonis, damai, dan kondusif di tengah-tengah masyarakat negeri junjungan ini,” ujar Bagus.

Bagi peserta teater kontemporer melayu, para penggiat dan pelaku seni, para guru serta budayawan melayu, Bagus berharap, teruslah berkreasi, teruslah berekspresi, teruslah berkarya dan teruslah berinovasi, dalam memberdayakan, mengembangkan serta memasyarakatkan adat istiadat, seni serta budaya melayu ditengah-tengah masyarakat.

Tampak hadir Panglima Besar Nasional Pasukan Kehormatan Negeri DT. Iskandar Izhar, Anggota DPRD Riau Sofyan, Plt. Ketua MKA LAMR Abdul Fattah, Kepala Perangkat Daerah, Ketua MUI Amrizal, dan masyarakat Negeri Junjungan serta tamu undangan lainnya.