Sabtu, 05 Oktober 2024 | 17:43:21 WIB | Dibaca : 99 Kali

Pjs Bupati Bengkalis Ziarah Ke Makam Datuk Laksamana

Editor : Indra - Reporter : Beby Candra - Fotografer : Zahirman Agus
Pjs Bupati Bengkalis Ziarah Ke Makam Datuk Laksamana Teks foto:

BUKIT BATU, PROKOPIM - Pjs Bupati Bengkalis Akhmad Sudirman Tavipiyono ziarah ke makam Datuk Laksamana di Desa Suka Jadi, Kecamatan Bukit Batu, Sabtu (5/10/2024) siang.

Pjs Bupati Bengkalis didampingi Ketua MUI Kabupaten Bengkalis H Amrizal dan Kabid Budaya Hj Khairani tiba di Kuala Sungai Bukit Batu diterima langsung Camat Bukit Batu Acil Esyno, Kepala Desa Bukit Batu Mahendra  dan pengurus lainnya. 

Selanjutnya rombongan menuju rumah peninggalan Datuk Laksamana dan ziarahi makam Datuk Laksamana Setia Diraja Ke-4 Encik Ali Akbar dan Datuk Laksamana Setia Diraja Ke-3 Encik Abdullah Saleh untuk melaksanakan tahlil dan doa.

Pjs Bupati Bengkalis Akhmad Sudirman Tavipiyono mengucapkan terimakasih kepada Camat Bukit Batu dan masyarakat yang sudah menyambut hangat kehadirannya di Kecamatan Bukit Batu.

Pjs. Bupati yang akrab disapa Tavip mengatakan cerita Datuk Laksamana sudah tidak asing lagi ditelinga kami, perlu kita ketahui wisata ziarah dan religi ini di daerah Jawa menjadi daya tarik tersendiri. 

Apalagi tokoh besar masyarakat Bengkalis yang tetap dikenang sampai saat ini adalah Datuk Laksamana Raja Dilaut. Selain mampu menyatukan berbagai lapisan masyarakat di masa lampau, ia juga mampu mengajarkan kepada kita arti penting rasa kebersamaan, semangat persatuan dalam menjaga eksistensi sebuah negeri.

"Kami berharap wisata ziarah dan religi makam Datuk Laksamana ini harus terus dirawat, dijaga, sehingga keasrian sejarah ini akan tetap utuh dan bisa dinikmati anak, cucu kita", ungkap Tavip.

Sebelum kami melakukan kunjungan di makam Datuk Laksamana ini terlebih dahulu kami mengunjungi makam Raja Sang Naualuh Damanik di Desa Senggoro, Makam Panglima Minal di Desa Air Putih dan Makam Faqih Abdul Ghoni atau dikenal sebagai Tuan Faqih di TPU Cik Mas Ayu, Kelurahan Rimbasekampung, ujarnya.