Minggu, 27 Oktober 2024 | 15:03:06 WIB | Dibaca : 248 Kali

Hadiri HUT Ke-73 IBI, Pjs Bupati Bengkalis Harap Bidan Terus Berkonstribusi Menjaga KIA

Editor : Nurhadi - Reporter : Herma safitri - Fotografer : Asih ismayuni
Hadiri HUT Ke-73 IBI, Pjs Bupati Bengkalis Harap Bidan Terus Berkonstribusi Menjaga KIA Teks foto:

BENGKALIS, PROKOPIM - Buat para Bidan hendaknya dapat terus berkonstribusi dalam pembangunan kesehatan nasional dan daerah, terutama dalam menghadapi tantangan krisis iklim, dan menjaga kesehatan ibu serta anak-anak yang ada di negeri junjungan ini.

Harapan tersebut disampaikan Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Bengkalis Akhmad Sudirman Tavipiyono melalui Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Ed Efendi dalam arahannya saat menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-73 Tahun 2024, sekaligus pelaksanaan Seminar Ilmiah, yang ditaja oleh Pengurus Cabang IBI Kabupaten Bengkalis, Minggu (27/10/24) di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja di Laut.

Sebelumnya, Ed Efendi mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke-73, kepada pengurus dan seluruh anggota IBI Kabupaten Bengkalis.

"Semoga diusianya yang semakin matang dan sarat pengalaman sebagai sebuah organisasi profesional yang ikut menjamin masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas di negeri ini, IBI dapat terus tumbuh, maju, berkembang, dan berkualitas serta dapat terus memberikan kontribusi yang prima dalam melayani masyarakat, terutama dalam pelayanan kesehatan kepada ibu dan anak," ucap Ed.

Lebih lanjut Ed Effendi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pengurus dan Anggota IBI, atas pengabdian, dedikasi, dan kinerjanya selama ini karena telah ikut membantu Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, baik pelayanan kesehatan kepada ibu hamil, kesehatan anak dan bayi, pemenuhan kebutuhan esensial pelayanan KIA, KB, dan Kespro maupun pelayanan kesehatan lainnya, baik di desa maupun diperkotaan, dalam mendukung terwujudnya Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera.

"Keberadaan bidan di seluruh pelosok negeri ini, benar-benar penting dan strategis serta dapat membawa manfaat besar bagi kelangsungan hidup masyarakat, terutama yang berkaitan dengan KIA, KB, serta Kespro dan lain sebagainya, terangnya.

Kemudian mantan Plt Kadis LH ini menambahkan, untuk itu buat IBI jangan pernah berhenti untuk berbuat, berkarya dan berinovasi dalam memberikan pelayanan asuhan kebidanan yang berkesinambungan, melalui intervensi medis yang tepat guna, akses kesehatan yang selalu tersedia, dan prinsip kolaboratif yang dipegang teguh, sebagai wujud dedikasi bidan dalam melayani masyarakat dan menjaga kesehatan ibu serta anak-anak bangsa.

"Hal tersebut tentunya sejalan dengan tema HUT ke-73 Tahun ini, yakni “Peran Bidan dalam Penguatan Sistem Ketahanan Nasional Pada Krisis Iklim Melalui Sinergi dan Kolaborasi”. Artinya, melalui berbagai upaya edukasi Bidan harus terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," harap Ed. 

Diakhir sambutannya Ed kembali mengingatkan, kepada bidan-bidan kiranya dapat meningkatkan kapasitas serta kapabilitasnya dalam menghadapi perkembangan serta tantangan yang ada saat ini. 

“Selain menjamin kesehatan ibu dan anak, bidan juga memiliki tanggung jawab dalam penanganan stunting, agar kita dapat mewujudkan generasi bangsa yang sehat dan berkualitas, terutama dalam mendukung peran ibu untuk mengupayakan pemenuhan gizi selama kehamilan, hingga memprioritaskan ASI kepada anaknya,” ujarnya mengakhiri.

Tampak Hadir dalam acara tersebut, Narasumber dari Ketua Pengurus Daerah IBI Provinsi Riau, dr. Neny Hartati dan Hj. Dharmawati, Anggota DPRD Bengkalis, Hj Zahraini, Ketua PD IBI Riau Darmiati, Kadis Kesehatan diwakili Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Irawadi, Ketua PC IBI Kabupaten Bengkalis Safra Rita Kurniasih dan undangan lainnya.