Kamis, 21 November 2024 | 11:19:40 WIB | Dibaca : 313 Kali

Buka Asistensi SISUKMA, Pjs Bupati Minta Perangkat Daerah Laksanakan SKM Sesuai Tahapan

Editor : Nurhadi - Reporter : Iqbal - Fotografer : Khairudin
Buka Asistensi SISUKMA, Pjs Bupati Minta Perangkat Daerah Laksanakan SKM Sesuai Tahapan Teks foto:

BENGKALIS, PROKOPIM – Kepada seluruh perangkat daerah agar lebih memaksimalkan lagi kegiatan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM), dengan memanfaatkan teknologi informasi berbasis elektronik melalui sistem survei kepuasan masyarakat (SISUKMA), dan mengikuti alur tahapan yang telah ditentukan. 

Mulai dari persiapan penyusunan instrumen survei, besaran dan teknik sampling serta responden. Setelah itu melakukan pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner, data kuesioner yang dituangkan kedalam sistem pengolahan data, analisis hasil/evaluasi hasil serta pelaporan dan publikasi.

Hal demikian ditegaskan oleh Pjs Bupati Bengkalis melalui Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Ed Efendi dalam arahannya saat membuka Kegiatan asistensi pengembangan Sistem Survei Kepuasan Masyarakat (SISUKMA) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, bertempat di ruang rapat Hang Tuah Kantor Bupati Bengkalis, kamis (21/11/2024).

Kegiatan yang ditaja oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Bengkalis ini digelar sebagai tindak lanjut amanat pasal 38 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 tahun 2017 tentang pedoman penyusunan survei kepuasan masyarakat unit penyelenggara pelayanan publik, 

“Dalam amanat UU serta Permenpan-RB telah dikatakan bahwa setiap instansi pemerintah wajib melaporkan pelaksanaan survei kepuasan masyarakat dari setiap UPP yang telah dihimpun dan dikompilasi.” Ujar Ed Efendi

Oleh karenanya lanjut Ed, Perangkat Daerah harus lebih serius dalam meningkatkan pelayanan publik, bukan hanya dalam laporan, namun harus seimbang dengan implementasi di lapangan.

Dan untuk mengukur sejauh mana penilaian masyarakat terhadap pelayanan publik yang telah dilakukan selama ini, maka kami minta agar perangkat daerah juga lebih memaksimalkan lagi kegiatan survey kepuasan masyarakat, sebagai masukan dan bahan evaluasi agar kita mampu mewujudkan pelayanan publik berkualitas sesuai dengan aspirasi masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bagian Organisasi Setda Yoan Dema, Fungsional Analis Kebijakan Bagian Organisasi Setda Nurzana, Suryadi dan Ismail.