Jumat, 25 Oktober 2019 - 22:57:45 WIB - Dibaca : 2211 Kali

Bupati Bengkalis Hadiri Musda IV MUI Kabupaten Bengkalis

Bupati Bengkalis : MUI Harus Mampu Bawa Perubahan Menuju Masyarakat Beriman dan Bertaqwa

Editor: Nurhadi - Rep: Halimatussa'diah - Foto: Muhammad Imam Lutfi
Teks foto: Musyawarah Daerah (Musda) IV MUI Kabupaten Bengkalis Tahun 2019, di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut Jalan Ahmad Yani Bengkalis, Jum'at (25/10/19).

BENGKALIS, HUMAS – Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Haholongan menghadiri sekaligus membuka Musyawarah Daerah (Musda) IV Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bengkalis Tahun 2019, bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut Jalan Ahmad Yani Bengkalis, Jum’at (25/10/19).

Musda IV MUI Kabupaten Bengkalis yang diikuti sebanyak 103 peserta ini terdiri dari Pengurus MUI Kecamatan Se-Kabupaten Bengkalis, Ormas dan Dewan Penasehat MUI Kabupaten Bengkalis. 

Acara Musda IV MUI secara resmi dibuka langsung oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Haholongan didampingi Ketua MUI Provinsi Riau Prof. Dr H. Nazir Karim, Ketua MUI Kabupaten Bengkalis H Amrizal, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis H Jumari dan Ketua Umum MKA LAMR Bengkalis H. Zainuddin Yusuf. 

Sementara itu, dalam sambutan singkat Ketua Umum MUI Kabupaten Bengkalis H Amrizal menyampaikan ucapan terima kasih Kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang sangat perhatian terhadap MUI dengan memberi bantuan melalui APBD Kabupaten Bengkalis setiap tahun nya dan selalu mengikutsertakan MUI dalam kegiatan-kegiatan Pemerintah yang menyangkut aspek keagamaan serta melibatkan MUI dalam menyelesaikan kasus-kasus yang berkaitan dengan sosial keagamaan. 

Sementara itu Bupati Bengkalis dalam arahan tertulisnya yang dibacakan oleh Haholongan mengatakan bahwa MUI memilki peran strategis dalam membangun kemaslahatan umat dan mampu memperkokoh ukhuwah islamiyah. 

"Peran MUI sangatlah penting dikalangan masyarakat, karena ulama itu sendiri sebagai perekat, penguat dalam menyatukan kekuatan Agama agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa menyimpang dan menyesatkan umat," Kata Haholongan. 

Kemudian lanjut Haholongan Kabupaten Bengkalis ini masyarakatnya bersifat heterogen dan berasal dari beragam segmentasi. MUI Kabupaten Bengkalis diharapkan bisa ikut merespon dan membantu menghadapi keberagaman ini serta mampu membawa perubahan masyarakat Kabupaten Bengkalis yang beriman dan bertaqwa. 

Pemerintah Kabupaten Bengkalis sambung beliau lagi, menyadari memiliki tanggung jawab untuk mendukung kegiatan MUI.

"Kami Pemerintah Daerah akan selalu memberikan dukungan kepada MUI dan tiap tahunnya akan berusaha untuk senantiasa kita tingkatkan dalam hal penguatan peran MUI Kabupaten Bengkalis. Apalagi tantangan yang dihadapi akhir-akhir ini cukup kompleks dan beragam. tentu saja, hal ini membuat tugas dan peran MUI ke depan semakin bertambah berat," Pungkas Haholongan. 

Turut Hadir Bersama Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis H Anharizal, Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Khairiyah Roihan, Sekretaris Umum MUI Provinsi Riau Zulhusni Domo, Kapolsek Bengkalis AKP Maitertika SH, Ketua DPH LAMR Bengkalis Datuk Seri H Sofyan Said, Ketua FKUB Kabupaten Bengkalis H. Muhammad Nur Nawawi, Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis H Ali Ambar, para ormas dan narasumber dan juga peserta Musda IV Kabupaten Bengkalis.


Berita Lainnya

Tulis Komentar