Selasa, 12 November 2019 - 21:36:02 WIB - Dibaca : 463 Kali

Sekda Bustami : Optimalkan Fungsi Masjid

Editor: Nurhadi - Rep: Nuratika - Foto: Zahirman Agus
Teks foto: Foto Bersama Pada Pengukuhan Badan Pengurus Masjid Agung Istiqomah Bengkalis, di Masjid Agung Istiqomah Bengkalis, Selasa (12/11/19).

BENGKALIS, HUMAS - Kepada Badan Pengurus Masjid Agung Istiqomah Bengkalis, agar mengoptimalkan fungsi Masjid sebagai tempat beribadah, pengembangan masyarakat, memperkokoh dan meneguhkan persatuan dan kesatuan dalam mempertahankan Akidah dan moral Umat Islam khususnya di Kabupaten Bengkalis.

Demikian ditegaskan Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis, H Bustami HY saat menyampaikan sambutan pada acara pengukuhan badan pengurus Masjid Agung Istiqomah Bengkalis, Selasa (12/11/19) sore, di Masjid Agung Istiqomah Bengkalis.

Dikatakan H Bustami HY sebagaimana kita ketahui Masjid adalah tempat ibadah yang memiliki peran strategis dalam pertumbuhan peradaban Umat. Masjid tempat beri’tikaf, berdzikir dan tempat memperbanyak amalan-amalan keagamaan, selain itu Masjid juga sebagai sentral kegiatan seluruh umat Islam yang memiliki asal usul, nilai dan sejarah tersendiri.

"Masjid adalah sarana untuk menyebarluaskan taqwa, sehingga seluruh lapisan masyarakat memperoleh ketenangan, kesejukan, kebahagiaan, dan sejenisnya. Bukan justru sebaliknya. Dengan demikian, kewajiban kita adalah mengembalikan peran Masjid yang semestinya dengan berbagai aktivitas sebagai kesatuan dari upaya gerakan memakmurkan Masjid," kata H Bustami.

Kemudian lanjut H Bustami HY seiring dengan pertumbuhan masjid dan tantangan perubahan zaman yang semakin cepat, majajemen pengelolaan Masjid secara baik sangat diperlukan, mengingat, kemakmuran sebuah Masjid, tergantung pada pengelolaan dan pendayagunaan Masjid itu sendiri.

"Untuk itu kepada seluruh Pengurus Badan Pengurus Masjid Agung Istiqomah Bengkalis masa bhakti 2019-2024 yang hari ini dikukuhkan, kami berharap agar Masjid Agung Istiqomah Bengkalis yang juga merupakan Masjid kabupaten ini, dapat benar-benar dikelola dengan sebaik-baiknya dan difungsikan seoptimal mungkin," kata H Bustami HY.

Dan dalam kaitannya dengan fungsi sosial, Masjid Agung Istiqomah Bengkalis telah melakukan berbagai kegiatan, diantaranya melalui kajian-kajian Islam.

"Untuk itu kami berharap agar hal tersebut tetap dipertahankan dan terus ditingkatkan kuantitas serta kulaitasnya sehingga Masjid Agung Istiqomah Bengkalis dapat didayagunakan dalam usaha pemberantasan kemiskinan, kebodohan, dan kedangkalan iman, sehingga benar-benar menjadi sebagai pusat pendidikan dan kemajuan umat," pungkas H Bustami HY.


Berita Lainnya

Tulis Komentar