Sabtu, 21 November 2020 - 11:37:54 WIB - Dibaca : 83 Kali

Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

Editor: Yeni Mayasari - Rep: Maryam - Foto: Bambang Riyanto

BENGKALIS, PROKOPIM - Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis diwakili Kepala Badan Kesbangpol Bengkalis Hermanto Baran menghadiri simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil perhitungan suara di TPS, yang bertempat di Lapangan Tugu Bengkalis, Sabtu (21/11/2020). 

Pada kesempatan itu Hermanto mengatakan walaupun dalam kondisi hujan deras masyarakat tetap melaksanakan dan sukses dalam menjalankan simulasi tersebut, selanjutnya dikatan Hermanto simulasi ini penting dilaksanakan, apalagi Pilkada 2020 digelar di masa pandemi Covid-19.

“Hal ini karena kondisinya tidak sama dengan situasi normal seperti biasanya, yang harus mempedomani protokol kesehatan,” ulasnya.

Adapun rangkaian simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilih diwajibkan untuk mencuci tangan menggunakan sabun sebelum masuk ke TPS yang telah disediakan petugas di luar TPS lalu melakukan pengecekan suhu tubuh. 

Selanjutnya, pemilih diberi sarung tangan sekali pakai untuk melakukan pencoblosan, setelah selesai mencoblos sarung tangan pencoblos langsung dibuang ke tong sampah kemudian mencuci tangan ditempat yang telah disediakan dluar TPS.

"Mudah-mudahan pada hari H pencoblosan nantinya terlaksana lancar tidak ada rintangan dan tentunya sehat dari dampak Covid-19", harapnya.

Senada yang dikatakan Ketua KPU Kabubaten Bengkalis Fadhillah Almausuly ketika hujan dan apapun kondisi nantinya di hari H proses pencoblosan tetap harus dilanjutkan, "Dengan diadakannya simulasi pada hari ini untuk memperlihatkan secara lagsung dan mencontohkan beginilah sistem pemilihan yang akan kita laksanakan pada Pemilu kali ini, karena memang berbeda dengan pemilu tahun lalu sekarang kita berada di tengah pandemi Covid-19 jadi ada perlakuan khusus diberlakukan termasuk protokol kesehatan kita terapkan", tutup Fadhilla.

Tampak Hadir Komisioner Devisi Teknisi KPU Provinsi Riau Joni Suhaidi, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, Danramil 01/Bengkalis Kapten Arh. Isnanu, Ketua Baznas H. Ali Ambar, Kasi Bidang Pelayanan Kesehatan Dona Riska dan seluruh anggota PPK se-Kabupaten Bengkalis dan undangan lainnya.

 


Berita Lainnya

Tulis Komentar