Sabtu, 25 November 2023 - 15:56:09 WIB - Dibaca : 519 Kali

Bupati Kasmarni Pimpin Upacara HUT PGRI Ke-78 dan HGN 2023 di Kecamatan Mandau

Editor: Indra - Rep: Wisnu Pratama - Foto: Wisnu Pratama
Teks foto: Bupati Kasmarni saat membacakan sambutan Mendikbudristekdikti pada upacara HUT PGRI Ke-78 dan HGN 2023.

MANDAU, PROKOPIM - Bupati Bengkalis Kasmarni bertindak sebagai Inspektur pada Upacara Peringatan Hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-78 dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023, bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Mandau, Sabtu (25/11/2023).

Walaupun dalam kondisi gerimis pagi itu, pelaksanaan upacara yang bertemakan "bergerak bersama rayakan merdeka belajar" tersebut berjalan pancar dan penuh hikmat dan diikuti oleh seluruh guru dari empat kecamatan yakni, Kecamatan Mandau, Pinggir, Talang Muandau dan Bathin Solapan.

Bupati Kasmarni dalam arahannya saat membacakan sambutan Mendikbudristekdikti mengatakan, pentingnya peran guru sebagai penggerak utama dalam transformasi pendidikan indonesia. 

Guru sambung Buk Kas adalah kunci utama dalam transformasi pendidikan, gurulah yang memegang peranan penting dalam mengembangkan potensi peserta didik, sehingga mereka dapat menjadi generasi yang unggul dan berdaya saing.

Saat ini lanjut Beliau lagi, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kompetensi dan kualifikasi guru. Salah satu upaya tersebut adalah melalui program guru penggerak. 

"Program ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi guru dalam hal pedagogi, profesional, sosial dan emosi, serta kepemimpinan," ujar Kasmarni.

Diungkapkannya juga, hingga saat ini, program guru penggerak telah diikuti oleh lebih dari 300.000 guru dari seluruh indonesia. Program ini telah memberikan dampak yang positif bagi guru dan peserta didik.

"Guru-guru yang telah mengikuti program guru penggerak menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran". Jelasnya.

Mereka juga lanjut Kanjeng Mas Tumanggung Kasmarni Purbaningtiyas, menjadi lebih mampu untuk menginspirasi dan menggerakkan peserta didik. 

Bahkan sambungnya lagi, peserta didik yang belajar dari guru-guru penggerak juga menjadi lebih aktif, kreatif, dan bersemangat dalam belajar.

"Pemerintah akan terus meningkatkan kualitas guru melalui berbagai program, termasuk program guru penggerak. Kami berharap, dengan peningkatan kualitas guru, maka pendidikan indonesia akan semakin maju dan berkualitas," terangnya. 

Pada kesempatan itu, Buk Kas sapaan akrapnya, juga menyampaikan pesan dan support kepada para guru di seluruh Indonesia khususnya guru di Kabupaten Bengkalis.

"Terima kasih atas dedikasi dan pengabdian bapak/ibu guru yang telah mendidik dan membimbing peserta didik dengan penuh kasih sayang. Bapak/ibu guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Jasa bapak/ibu guru akan selalu dikenang oleh bangsa dan negara," pungkas Kasmarni.

Diakhir acara, Bupati Kasmarni menyerahkan penghargaan bhakti peduli pendidikan kepada Camat Mandau, Camat Pinggir, Camat Bathin Solapan, Camat Talang Muandau, Danramil Mandau serta Kapolsek Mandau. 

Dilanjutkan dengan penyerahan dari IGTK juara PORSENI tingkat nasional dan penyerahan hadiah juara turnament bola volly khusus empat kecamatan.


Berita Lainnya

Tulis Komentar