Rabu, 05 Juni 2024 - 14:11:29 WIB - Dibaca : 416 Kali

Bupati Kasmarni Ucapkan Tahniah Atas Penganugrahan Gelar Adat H. Muhammad Ali dari LAM Riau

Editor: Indra - Rep: Pandi Ahmad - Foto: Pandi Ahmad

PEKANBARU, PROKOPIM - Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan H. Bustami HY mengucapkan selamat dan tahniah kepada Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Republik Indonesia, Tuan Laksamana TNI Dr. H. Muhammad Ali, atas penganugerahan gelar adat sebagai Datuk Seri Segara Utama Setia Wangsa dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) dalam majelis penganugrahan gelar adat, Rabu (5/6/2024), di Balai Adat LAM Riau Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Prosesi penabalan gelar adat itu diawali dengan pembacaan warkah pemberian gelar adat, pemasangan tanjak oleh Ketua MKA LAM Riau Datuk H. Raja Marjohan Yusuf, pemasangan selempang oleh Asisten I Setdaprov Riau Zulkifli Syukur dan pengalungan mendali oleh Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad.

Sedangkan pemasangan keris oleh Ketua DPH LAM Riau Datuk H. Taufik Ikram Jamil dan dilanjutkan prosesi tepuk tepung tawar kepada Datuk Seri Segara Utama Setia Wangsa bersama Datin Ny Fera Muhammad Ali.

Menurut LAM Riau, Tuan Laksamana TNI Dr. H. Muhammad Ali dinilai layak menerima gelar adat Datuk Seri Segara Utama Setia Wangsa, sebagai seorang pemimpin yang penuh dengan kilau cahaya kebaikan dan kemuliaan, memiliki kekuatan bagai air, menjunam dalam dapat menenggelamkan. Sekaligus, memiliki gelombang kekuatan yang besar, serta mampu pula menggunakan kedalaman dan kekuatannya untuk menjalankan kewajiban dan menjunjung kesetiaan kepada bangsa dan negara.

Pemberian gelar adat ini telah melalui kajian yang dilakukan tim penapis sebagai pertimbangan pemberian gelar diantaranya atas jasa dan kedekatannya kepada masyarakat Riau ketika menjabat sebagai mantan Danlanal Kota Dumai dan mantan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan berpusat di Tanjungpinang Kepulauan Riau.

Sementara itu, usai menghadiri acara tersebut, Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati, Bustami mengatakan, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) RI, Tuan Laksamana TNI Dr. H. Muhammad Ali layak menerima gelar adat ini, karena beliau memang sosok tauladan yang baik. Tidak hanya saat menjalani tugas menjaga keamanan laut NKRI. Namun beliau dikenal sebagai sosok pejabat memiliki jiwa sosial yang tinggi di tengah-tengah masyarakat.

"Semoga gelar adat ini menambahkan semangat dalam menjalankan tugas dan amanah untuk bangsa dan negara ini," ujar Bustami HY.

Pada kesempatan itu juga Bustami HY menyerahkan cinderamata dari Bupati Bengkalis kepada Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) RI, Tuan Laksamana TNI Dr. H. Muhammad Ali.


Berita Lainnya

Tulis Komentar