Selasa, 11 Juni 2024 - 13:29:26 WIB - Dibaca : 196 Kali

Bupati Bengkalis : Kami Komit Mendorong Pekebun Sawit Rakyat Dalam Meningkatkan Produktifitas

Editor: Nurhadi - Rep: Yudi Hendra - Foto: Yudi Hendra

BUKIT BATU - PROKOPIM, Pemerintah Kabupaten Bengkalis terus berkomitmen guna mendorong peningkatan produktivitas dan kualitas perkebunan kelapa sawit di daerah ini.

Demikian disampaikan Bupati Bengkalis melalui Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik ED Effendi dalam arahannya saat membuka sosialisasi program sarana dan prasarana perkebunan kelapa sawit tahun 2024, bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Camat Bukit Batu, Selasa (11/6/24).

Melalui sosialisasi ini sambung Ed Efendi, melalui Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis kami ingin menginformasikan kepada petani pekebun sawit terkait banyaknya peluang percepatan pengembangan kelapa sawit rakyat.

Apalagi lanjutnya Kabupaten Bengkalis merupakan salah satu daerah yang memiliki hamparan perkebunan kelapa sawit yang sangat luas.

"Berdasarkan angka tetap statistik perkebunan tahun 2023 terdapat lahan perkebunan seluas ± 336,732.72 hektar atau 88,72% dari total luas kebun dengan jumlah pekebun sebanyak 99, 929 KK atau 67,76 % dari jumlah pekebun yang yang tersebar di seluruh Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bengkalis." Ucapnya

Salah satu peluang yang dapat dimanfaatkan oleh petani pekebun sawit kata mantan Plt.Kadis DLH itu lagi, saat ini melalui Peraturan Menteri Pertanian Nomor 19 Tahun 2023, telah ada program sarana dan prasarana perkebunan yang dibiayai oleh BPDP- KS.

"Dengan telah terbitnya Permentan Nomor 19 tersebut, tentunya menjadi peluang besar bagi pekebun yang ada di Negeri Junjungan ini untuk memanfaatkannya sesuai prosedur sebagaimana yang telah digariskan." Ujar Ed

Adapun bantuan sarana dan prasarana perkebunan yang bisa didapatkan seperti peremajaan sawit rakyat guna meningkatkan produksi dan produktifitas kebun, agar kedepannya dapat memaksimalkan pendapatan serta kesejahteraan bagi pekebun sawit.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga minta kepada Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis dan unsur terkait lainnya untuk ikut mengawal serta melakukan pendampingan agar program sarana dan prasarana bisa didapat oleh pekebun sawit Kabupaten Bengkalis. Karena program dimaksud merupakan salah satu penentu keberhasilan usaha perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Bengkalis dan bagi pembangunan ekonomi indonesia secara keseluruhan.

Sementara itu Kadis Perkebunan Kabupaten Bengkalis Azmir dalam sambutannya mengharapkan agar pekebun sawit menangkap peluang besar guna mendapatkan program bantuan sarana dan prasarana perkebunan tersebut.

"Mari kita bangun komunikasi dan koordinasi dan kami siap membantu nantinya, tentu sesuai prosedur dan aturan yang ada." Ingat Azmir. 

Dalam kesempatan itu juga Camat Bukit Batu Acil Asyno menyampaikan program Bupati Kasmarni khusus kepada pekerja sektor perkebunan sawit yakni program BPJS Ketenagakerjaan khusus bagi pekerja perkebunan sawit.

"Kami sudah menyampaikan serta mensosialisasikan kepada Kepala Desa terkait program ini untuk melakukan pendataan, semua itu merupakan wujud kepedulian Ibu Bupati dalam menjamin keselamatan kerja petani dan pekerja perkebunan sawit di daerah ini." Ucap Acil. 

Hadir sekaligus bertindak sebagai narasumber, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau diwakili Kabid Prasarana dan Sarana Perkebunan, T. Ridhwan Putra yuda,. S.hut,.M.S, juga hadir Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Tarmizi, Gapoktan, perwakilan BPDPKS, serta undangan lainnya.


Berita Lainnya

Tulis Komentar