Jumat, 27 Maret 2020 - 19:04:32 WIB - Dibaca : 1317 Kali

Semua Warga Yang Dikarantina Dipulangkan Hari Ini

Editor: Yeni Mayasari - Rep: Beby Candra - Foto: Pandi Ahmad

BENGKALIS, PROKOPIM – Sesuai instruksi dari Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo, hari ini Jum’at, (27/3/2020) semua Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang dikarantina dipulangkan ke rumah masing-masing.

Ungkapan tersebut disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkalis H Bustami HY saat melaksanakan pemantauan di beberapa tempat karantina di Kabupaten Bengkalis.

“Kami sudah menghubungi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bengkalis untuk menginformasikan kepada Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk menyampaikan kepada masyarakat, bahwasanya pada hari ini semua TKI yang dikarantina di pulangkan ke rumahnya masing-masing”, kata Bustami.

Pulang ke rumahnya masing-masing disini dalam arti kata, sambung Bustami, TKI yang dikarantina beberapa hari ini melakukan karantina mandiri, maksudnya Bapak/Ibu yang hari ini dipulangkan harus tetap menjaga kesehatan, menjaga jarak dengan masyarakat setempat dan jika beberapa hari kedepan terdapat gejala batuk, demam, sesak nafas dan sakit tenggorokan agar segera merujuk ke Puskesmas Desa.

“Ini untuk mengantisipasi pandemi Covid-19. Alhamdulillah, selama beberapa hari dikarantina Bapak/Ibu dalam keadaan sehat semuanya, mari kita berdoa dan bekerjasama semoga wabah virus corona di Kabupaten Bengkalis tidak ada”, ujar Bustami.

Kemudian Kapolres Bengkalis  AKBP Sigit Adiwuryanto di kesempatan itu dalam arahannya menyampaikan selama Bapak/Ibu dikarantina mandiri tetap Orang Dalam Pemantauan (ODP), untuk itu kami menghimbau selama dikarantina mandiri jaga jarak terutama bersama keluarga, hindari tempat keramaian dan jaga kontak bersama masyarakat.

“Pengalaman yang didapat selama dikarantina ini tolong jadikan pelajaran, bapak/ibuk juga ujung tombak untuk mencegah penyebaran wabah virus corona bagi masyarakat, ajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat”, pintanya.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Ersan Saputra juga menghimbau kepada para TKI yang akan dilaksanakan karantina mandiri agar melakukan beberapa poin penting yang akan dilaksanakan selama berada di rumah, yakni harus selalu menjaga kebersihan, selalu mencuci tangan, mulai menata hidup dengan pola hidup bersih dan sehat, berjemur minimal 30 menit dari jam 09.00 WIB hingga jam 11.00 waktu yang efektif untuk berjemur, jangan banyak kontak dan jaga jarak serta makanlah menu yang bergizi dan jika merasa demam, flu, batuk dan sesak nafas segera melapor ke Puskesmas Desa.

Turut hadir mendampingi Plh Bupati Bengkalis Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Hj Umi Kalsum dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra, Kadis Perhubungan Djoko Edy Imhar, Kalaksa BPBD H Tajul Mudarris, Kepala Badan Kesbangpol H hermanto Baran, dan Kadis Kominfotik Johansyah Syafri Forkopimda Kabupaten Bengkalis serta sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Bengkalis.


Berita Lainnya

Tulis Komentar