Senin, 18 Mei 2020 - 14:53:27 WIB - Dibaca : 161 Kali

Plh Bupati Rapat Terkait Ketahanan Pangan Jelang Hari Raya Idul Fitri

Editor: Yeni Mayasari - Rep: Muhammad Iqbal - Foto: Zahirman Agus

BENGKALIS, PROKOPIM - Plh. Bupati Bengkalis H. Bustami HY mengikuti Video Conference rapat high level meeting TPID Provinsi Riau bersama Gubernur dan Bupati/Walikota se-Provinsi Riau terkait ketahanan pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H di tengah pandemi Covid-19 di Provinsi Riau, bertempat di Rumah Dinas Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis, Senin (18/5/2020).

Dalam rapat tersebut Gubri mengucapkan terimakasih kepada TPID Provinsi dan Kabupaten/Kota di Riau, yang telah berupaya untuk menanggulangi terjadinya kelangkaan kebutuhan pokok dan bahan kebutuhan penting lainnya berdasarkan kerangka ketersedian pasokan, keterjangkauan harga dan kelancaran distribusi.

"TPID juga mesti melakukan komunikasi yang efektif dengan melakukan :
- Pasar murah
- Monitoring stock dan harga
- Memastikan kelancaran distribusi
- Kampanye belanja bijak
- Bantuan sembako dalam upaya meringankan beban masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Selanjutnya Syamsuar menjelaskan, pengendalian inflasi diriau masih pada permasalahan utama yakni ketergantungan Riau yang cukup tinggi terhadap pasokan dari luar Riau.

"Pada tahun 2019 Riau mengalami defisit produksi beras sebesar 504.000 ton, defisit tersebut terjadi karena produksi beras tidak mampu dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat Riau", jelas Syamsuar.

Selanjutnya Syamsuar menambahkan, tidak hanya beras tetapi juga ada beberapa bahan seperti bawah merah, cabe merah, telur ayam dan daging sapi yang masih ketergantungan tinggi terhadap daerah lainnya.

"Hal tersebut terjadi karena kurangnya pemasokan lokal kita terhadap produksi lokal dalam upaya memenuhi kebutuhan yang ada di provinsi Riau," ujar Syamsuar.

Dalam rapat tersebut Syamsuar menghimbau kepada seluruh pemangku kepentingan di Riau untuk berkomitmen dalam upaya pengendalian inflasi daerah di Provinsi Riau.

Menanggapi hal tersebut, Plh. Bupati Bengkalis H. Bustami, HY menyampaikan kepada Gubernur Riau melalui vidcon tersebut bahwa TPID Kabupaten Bengkalis telah melakukan pemantauan ketersediaan barang dan juga harga barang yang dilakukan secara berkala.

"Dari hasil monitoring di lapangan di awal April semua komoditi naik, hal tersebut terjadi karena isu Covid-19 dan masyarakat melakukan stok barang, tetapi di akhir April harga dari 9 bahan pokok tersebut relatif terkendali," jelas Bustami.

Selanjutnya Bustami menambahkan bahwa untuk stok sembako di Kabupaten Bengkalis stabil untuk 3 bulan kedepan.

"Untuk mengantisipasi terjadi nya kenaikan harga sembako yang disebabkan oleh pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melakukan operasi pasar di desa-desa Kabupaten Bengkalis," tutup bustami.


Angka Kejadian COVID-19 di Kabupaten Bengkalis
Update Terakhir: Selasa, 26 Mei 2020 18:20:29 WIB
Tercatat di Dinas Kesehatan

6718

ODP PDP POSITIF

6619

85

14

Sumber : corona.bengkaliskab.go.id [Lihat Selengkapnya]

Berita Lainnya

Tulis Komentar