Kamis, 17 September 2020 - 11:20:20 WIB - Dibaca : 369 Kali

Plh Bupati Ikuti Webinar Pengelola Perbatasan

Editor: Yeni Mayasari - Rep: Beby Candra - Foto: Sabariah

BENGKALIS, PROKOPIM - Pelaksana harian (Plh) Bupati Bengkalis H Bustami Hy mengikuti Video Conference Webinar Nasional Forum Tematik Bakohumas Badan Nasional Pengelola Perbatasan RI Bersama Menko Polhukam/Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Mahfud MD, Mendagri/Kepala BNPP Muhammad Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menkominfo Johnny G Plate, Kamis (17/9/2020), di Ruang Rapat Bahari Kantor Bappeda Bengkalis.

Kegiatan tersebut bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 BNPP dengan mengusung tema "Mengelola Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan Menuju Indonesia Maju”.

Dalam sambutannya Tito mengatakan negara kita adalah salah satu garis pantai yang terpanjang di negara dunia dan negara pulau terbesar dan terbanyak di negara-negara. 

"Tantangan kita jelas sangat berat, bagai mana cara kita untuk mengelola perbatasan tersebut, kita memiliki batas darat, laut dan udara. Saat ini dibutuhkan peran serta kolaborasi berbagai pihak, berbagai generasi dan profesi dalam mendiseminasikan informasi kepada masyarakat tentang program dan kebijakan yang telah dan akan dilakukan oleh Pemerintah, termasuk kebijakan pengelolaan perbatasan", kata Tito. 

Lebih lanjut Tito mengatakan BNPP memiliki tugas meliputi menetapkan kebijakan program pembangunan perbatasan, menetapkan rencana kebutuhan anggaran, mengkoordinasikan pelaksanaan, dan melaksanakan evaluasi dan pengawasan terhadap pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan.

Dikesempatan itu Pelaksana harian (Plh) Bupati Bengkalis H Bustami HY Mengapresiasi dan menyambut baik dilaksanakan Webinar Nasional Forum Tematik Bakohumas Pengelolaan Perbatasan, kami menilai kegiatan ini perlu dibahas bersama, apalagi Kabupaten Bengkalis ini merupakan salah satu Kabupaten yang berbatas langsung dengan negara tetangga. 

"Dengan berbatas langsung dengan negara tetangga tentu tantangannya sangat berat, salah satunya peredaran narkoba, penyeludupan dan hal-hal ilegal lainnya", kata Bustami. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Bengkalis H Khairul Umam, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kadis Pendidikan Edi Sakura, Sekretaris Bappeda Bengkalis Rinto, Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bengkalis Sugeng Santoso, Sekretaris Perhubungan Kabupaten Bengkalis H Zul Asri, Camat Rupat Khairunazri, Camat Bengkalis Ade Swirman, Sekcam Bengkalis Rafli Kurniawan.


Berita Lainnya

Tulis Komentar