Jumat, 16 Oktober 2020 - 13:54:15 WIB - Dibaca : 91 Kali

KPU Kabupaten Bengkalis Laksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPT Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020

Asisten I Setda Bengkalis Ajak Semua Pihak Berkoordinasi, Bersinergi dan Berikan Solusi

Editor: Nurhadi - Rep: Sabariah - Foto: Bambang Riyanto

BENGKALIS, PROKOPIM – Semua pihak mari bersama-sama kita saling berkoordinasi dan bersinergi untuk menutupi segala kelemahan dan kendala dalam rekaitulasi daftar pemilih dengan memberikan solusi terbaik agar tingkat partisipasi masyarakat pada pilkada Kabupaten Bengkalis nantinya menjadi lebih tinggi. Ingat. Menyukseskan pilkada ini bukan hanya menjadi tugas KPU semata, tapi menjadi tugas kita bersama.

Hal tersebut ditegaskan oleh Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis yang diwakili Asisten Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Hj Umi Kalsum saat menghadiri sekaligus rapat Pleno terbuka rekapitulasi hasil perbaikan DPS dan penetapan daftar pemilih tetap pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis tahun 2020 yang berlangsung di Gedung Daerah Datuk Laksmana Raja Dilaut, Jum'at (16/10/2020).

Lebih lanjut Hj, Umi Kalsum menyampaikan bahwa kita memiliki tanggung jawab agar seluruh masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya, untuk mewujudkan hal tersebut tentu masyarakat kita perlu terdaftar dan didaftarkan sebagai pemilih, mengingat pilkada merupakan pelaksanaan kedaulatan rakyat di kabupaten bengkalis ini untuk memilih bupati dan wakil bupati yang menjadi pilihan mereka secara langsung dan demokratis. ini merupakan wujud pelaksanaan hak-hak asasi warga negara yang kuat dan terlegitimasi.

"Sebagai penyelenggara pemilu KPU beserta jajarannya harus berkomitmen kuat untuk melakukan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih yang lebih baik agar tercipta daftar pemilih yang komprehensif, akurat, dan terkini. karena daftar pemilih yang berkualitas akan mendorong kualitas proses dan hasil pemilu lebih baik." Ucap Umi Kalsum. 

Terkait dengan data-data hasil perbaikan DPS yang akan ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT) nantinya sambung Hj. Umi Kalsum lagi kami yakin ini merupakan data yang benar-benar riil dilapangan. meskipun masih ada yang harus dilakukan perbaikan sehingga DPTyang akan ditetapkan benar-benar berkualitas.oleh karenanya perlu komitmen dan sinergitas semua pihak.

Sementara itu Ketua KPU Bengkalis Fadhillah Al Mausuly juga menyampaikan bahwa kewajiban KPU untuk menetapkan DPT dan kegiatan ini telah dilaksanakan oleh teman teman PPK dan juga sebelumnya kami telah melaksanakan pra rekap dengan semua stakeholder terkait. 

”Kesalahan sedikit pun akan berujung fatal dalam proses PILKADA termasuk dalam hal legitimasi penyelenggaraan penyusunan daftar pemilih ini, Oleh sebab itu, kami selaku penyelenggara berharap back up dan dukungan kita semua agar turut berkontribusi aktif dalam menjaga legitimasi yang diberikan kekita, ujar Fadhillah Al Mausuly menutup Keterangannya.

Tampak hadir Dandim 0303 Bengkalis diwakili Kapten Isnanu, Polres Bengkalis diwakili Kasubbag Dal Ops Tatit Rizkiyan H, Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bengkalis Mukhlasin, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkalis diwakili Siswantoro dan diikuti seluruh PPK 11 Kecamatan.


Berita Lainnya

Tulis Komentar