Jumat, 20 November 2020 - 11:33:13 WIB - Dibaca : 131 Kali

Asistensi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Dalam Pemenuhan 8 Area Perubahan

Editor: Yeni Mayasari - Rep: Egia Yulriana - Foto: Herma Safitri dan Maryam

PEKANBARU, PROKOPIM - Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah Bengkalis H. Bustami HY membuka secara langsung kegiatan Asistensi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) Dalam Pemenuhan 8 (delapan) Area Perubahan Kabupaten Bengkalis, di Pekanbaru, Jum'at (20/11/2020). 

Asistensi RB diikuti seluruh Kepala Sub Bagian yang membidangi tentang informasi birokrasi di lingkup Pemerintahan Kabupaten Bengkalis. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari tersebut menghadirkan Narasumber Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Riau DR. Kemal, M.Si, Kepala Bagian Reformasi Dan Birokrasi Dan Akuntabilitas Kinerja Sekretariat Daerah Provinsi Riau Yeyet Maryati, M.Pd dan Kasubbag Reformasi Birokrasi Sekretariat Daerah Provinsi Riau Sahrul, S.Pi, M.Si. 

Pada kesempatan tersebut, H.Bustami HY membacakan sambutan tertulis Pj. Bupati Bengkalis yang menyampaikan bahwa Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi telah menetapkan delapan area perubahan yang tertera dalam Road Map reformasi birokrasi. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, kedelapan area tersebut oleh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dinilai masih relevan untuk dijalankan.

"Namun demikian, dalam rangka menyesuaikan dengan dinamika pelaksanaan reformasi birokrasi, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi melakukan klasterisasi/regrouping area berdasarkan sasaran yang ditargetkan. Harapan kita dalam Road Map baru ini tidak akan lagi terjadi tumpang tindih proses dan output dari masing-masing area," ujar Bustami.

Kemudian lanjut Bustami, hasil evaluasi atas pelaksanaan Reformasi Birokrasi dari Pemerintah Pusat, khususnya di tingkat Pemerintah Daerah, ditemukan bahwa berbagai program reformasi birokrasi minim value karena para aparatur di Pemerintah Daerah kita tidak memahami filosofi program yang bersangkutan. 

“Oleh karena itu kami berpesan kepada seluruh peserta asistensi agar mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir. Semangat serta kesungguhan saudara-saudara dalam kegiatan ini sangat penting agar nantinya dapat terbangun satu persepsi dan keseragaman langkah dari kita sekalian dalam rangka memantapkan sinkronisasi kebijakan reformasi birokrasi dengan upaya kita untuk terus melakukan pembenahan-pembenahan di tubuh pemerintahan khususnya di Negeri Junjungan Kabupaten Bengkalis,” pesan Bustami.

Turut Hadir Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan H. Heri Indra Putra, Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Setda Rahmad, Kepala Bagian Perekonomian Setda Bengkalis Aulia Army Effendy, Kasubbag Pelayanan Publik dan Tata Laksana Syafrizal, Kasubbag Dokumentasi Pimpinan Yeni Mayasari dan para peserta asistensi.

 


Berita Lainnya

Tulis Komentar