Rabu, 25 November 2020 - 12:17:27 WIB - Dibaca : 276 Kali

Hadiri Kuliah Umum STIE Syari'ah Bengkalis Bersama Prof. Dr. H. Abdul Somad, Lc., MA

Pj.Bupati : Ekonomi Syari’ah Kebutuhan Masa Kini

Editor: Yeni Mayasari - Rep: Muhammad Iqbal - Foto: Muhammad Iqbal

BENGKALIS, PROKOPIM – “Perkembangan ekonomi syariah yang marak dewasa ini merupakan cerminan dan kerinduan ummat Islam untuk kembali menghidupkan semangat para entrepreneur muslim masa silam dalam dunia bisnis dan perdagangan masa kini, Oleh karena itu pengetahuan ekonomi islam atau ekonomi syariah menjadi salah satu kebutuhan di masa sekarang ini.

Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis H Syahrial Abdi dalam arahannya saat menghadiri dan membuka secara resmi Kuliah Umum Sekolah Tinggi ilmu Ekonomi (STIE) Syari'ah Bengkalis bersama Datuk Seri Ulama Setia Negara Prof. Dr. H. Abdul Somad, Lc., MA, bertempat di Kampus STIE Syari’ah Bengkalis, Rabu, (25/11/2020).

Kuliah umum yang di taja STIE Syari'ah tersebut mengangkat tema “membumikan ekonomi syari’ah di wilayah rumpun melayu”, dan dihadiri langsung Ketua DPRD Bengkalis H Khairul Umam, Pj Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Hj Herawati Syahrial, Ketua STIE Syari'ah Bengkalis Khodijah Ishak, Ketua Baznas Bengkalis H Ali Ambar dan Danramil 01/Bengkalis Kapten Arh Isnanu.

Lebih lanjut menurut Abdi lagi, sebagai masyarakat Kabupaten Bengkalis yang berada di wilayah rumpun melayu yang identik dengan Islam, setidaknya kita bisa memulaikan diri untuk menerapkan ekonomi syari’ah dengan perilaku sederhana seperti, 1) menabung di Bank syariah, 2) membedayakan asuransi syariah, 3) membayar zakat, 4) memperbanyak infaq dan sedekah, 5) dalam berinvestasi tidak teriming-iming cepat kaya, dan dengan usaha berinvestasi di sektor riil. Insyaa Allah dari hal-hal sesederhana tersebut menjadi langkah kita bersama dalam menjauhkan diri dari riba.

Kemudian Abdi menambahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan ekonomi syariah memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi per tahun mencapai 5,2 persen. Pernyataan tersebut disampaikan dalam forum riset ekonomi dan keuangan syariah (freks) tahun 2020 yang digelar pada senin, 21 September lalu. sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, Indonesia memiliki peluang besar untuk mengembangkan ekonomi syariah.

Kemudian Ketua STIE syari'ah Bengkalis Khodijah Ishak dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada Narasumber Ustadz Abdul Somad, seyogyanya STIE syari'ah saat ini sangat dicintai oleh masyarakat, terlihat saat ini peminat mahasiswa setiap tahun semakin meningkat untuk berkuliah di sini.


Berita Lainnya

Tulis Komentar