Sabtu, 28 November 2020 - 16:08:02 WIB - Dibaca : 484 Kali

Pj Bupati Bengkalis Jadi Pembicara Webinar Nasional

Editor: Muhammad Fadhli - Rep: Wili Nur Kharisma - Foto: Muhammad Iqbal

BENGKALIS, PROKOPIM - Penjabat Bupati Bengkalis H. Syahrial Abdi mengikuti Web Seminar (Webinar) Nasional bertema Efektifitas ASN sebagai Penjabat Kepala Daerah dalam mengawal demokrasi Pilkada di Era Pandemi Covid-19, Sabtu (28/11/2020) di Ruang Rapat Hang Tuah Lantai II Kantor Bupati Bengkalis.

Kegiatan Webinar Nasional tersebut diselenggarakan serentak di tiga daerah, yakni di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara, Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jakarta. 

Dalam webinar nasional yang diselenggarakan melalui zoom meeting ini, Pj Bupati Bengkalis didaulat menjadi narasumber. 

“Ini sebuah penghargaan bagi kita, karena selain ditunjuk sebagai salah satu penyelenggaran webinar nasional, juga sebagai narasumber,” ungkap Abdi.

Dalam paparannya Abdi menegaskan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi kunci keberhasilan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). ASN merupakan salah satu kekuatan signifikan yang dapat mempengaruhi proses Pilkada. Netralitas ASN ini menjadi penting untuk diwujudkan dan dikawal pelaksanaanya.

Abdi mengungkapkan Penjabat Kepala Daerah memiliki beberapa wewenang. Salah satunya memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, memfasilitasi penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020, menjaga netralitas ASN juga menjalankan program strategis nasional yang ditetapkan pemerintah pusat. Program itu di antaranya melaksanakan penanganan Covid-19.

Selain Pj Bupati Bengkalis, webinar tersebut juga menghadirkan tiga pembicara lainnya, yakni Pjs. Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni, Prof. Muchlis Hamdi dan Pakar Otonomi Daerah Prof. Djoherman Djohan. 

Kegiatan webinar diikuti 1.300 peserta secara virtual.


Berita Lainnya

Tulis Komentar