Rabu, 10 Maret 2021 - 9:43:20 WIB - Dibaca : 1240 Kali

Hadiri Penanam Kelapa Sawit Kelompok Tani Berjaya Siak Kecil

Masyarakat Sangat Menantikan Program Replanting Kelapa Sawit

Editor: Nurhadi - Rep: Sumanto - Foto: Sumanto

SIAK KECIL, PROKOPIM – “ Program replanting ini sangat dinantikan oleh masyarakat Kabupaten Bengkalis khususnya para petani sawit yang ada di Kecamatan Siak Kecil, mengingat selama ini para petani dihadapkan dengan kendala yang cukup sulit pada saat untuk melakukan replanting secara mandiri. sementara jika dibantu lewat program pemerintah maka para petani kita akan lebih mudah untuk melakukan replanting, makanya kegiatan ini mendapat sambutan yang sangat antusias dari para petani sawit di Kabupaten Bengkalis”

Hal tersebut disampaikan Bupati Bengkalis Kasmarni yang diwakil oleh Wakil Bupati H Bagus Santoso saat menghadiri acara Penanaman Perdana Program Peremajaan Kelapa Sawit Pekebunan (PKSP) kelompok Tani Berjaya Bertempat di Desa Sumber Jaya Kecamatan Siak Kecil, Rabu (10/3/2021).

Selanjutnya Bagus Santoso mengatakan kelompok tani Berjaya Desa Sumber Jaya telah berhasil menerima bantuan pemerintah untuk peremajaan kelapa sawit (Replanting) seluas 135,0473 ha dengan jumlah bantuan yang diterima sebesar Rp. 4.054.419.000, dengan jumlah pekebun 54 KK. artinya untuk Kabupaten Bengkalis sampai saat ini kita telah menerima bantuan pemerintah untuk peremajaan kelapa sawit (replanting) sebesar Rp. 11.195.199.000, karena sebelumnya juga sudah didapatkan oleh kelompok tani Raih Kemenangan dan kelompok tani Pesisir Melayu yang berada di Desa Muara dua.

“Ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan mengingat pola peremajaan yang dilaksanakan adalah swadaya masyarakat. dan kami berharap mudah-mudahan program ini dapat diikuti oleh kelompok tani lainnya di seluruh Kecamatan Siak Kecil, walaupun pada pelaksanaannya masih ada beberapa kendala yang dihadapi”, ujar Bagus.

Kemudian Bagus Santoso juga menyampaikan bahwa saat ini di Kabupaten Bengkalis tercatat memiliki areal tanaman kelapa sawit rakyat seluas ± 142.824,70 hektar atau 77,3 persen dari total keseluruhan areal perkebunan rakyat yang ada di Kabupaten Bengkalis, artinya kelapa sawit termasuk salah satu komoditas perkebunan yang masih menjadi primadona masyarakat petani di kabupaten bengkalis dalam meningkatkan taraf kehidupan mereka.

"Kepada para petani sawit di Kabupaten Bengkalis khususnya kelompok tani Berjaya Desa Sumber Jaya Kecamatan Siak Kecil kami ingatkan untuk benar-benar memanfaatkan program ini secara baik dan benar, kita berharap kedepan lahan kebun pertanian ini betul-betul produktif, sehingga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat menjadi lebih baik”, pesan Bagus Santoso.

Sebelumnya, sembari menuju tempat penanaman kelapa sawit di Desa Sumber Jaya Kecamatan Siak Kecil, bersama Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bengkakis Rubi Handoko, menyempatkan diri meninjau aktifitas penyeberangan dipelabuhan Sungai Selari.

Dalam peninjauannya Wakil Bupati Bengkalis mengharapkan kepada petugas, untuk melakukan pelayanan terbaik serta melakukan perawatan dan pemeliharaan sarana prasarana yang ada.

"Saya masih melihat ada beberapa sarana seperti lampu penerangan maupun sarana pejalan kaki yang rangkanya sudah lapuk sehingga dapat membahayakan pengguna jasa penyeberangan, jadi hal hal tersebut mohon menjadi perhatian dan lakukan perawatan secara berkelanjutan." Tegas Bagus.

Tampak hadir mendampingi Wakil Bupati III Bupati sekaligus Plt. Kepala Dinas Perkebunan Tengku Zulkarnain, AnggotaDPRD Kabupaten Bengkalis Dapil Bukit Batu, Siak Kecil dan Bandar Laksamana Sugianto, Kapolsek Siak Kecil Laurensius N, Danramil Siak Kecil dan Bukit Batu Tarman , Ketua Umum DPP Santri Tani Nahdatul ulama T. Rusli Ahmad,Camat Siak Kecil M Fadlul Wajdi dan Kepala Desa Sumber Jaya Muhammad Harianto.


Berita Lainnya

Tulis Komentar