Senin, 04 Oktober 2021 - 13:34:09 WIB - Dibaca : 343 Kali

Bupati Kasmarni Buka Bimtek Pengelolaan Keuangan TP-PKK Tahun 2021

Editor: Indra - Rep: Maryam - Foto: Syariah

BENGKALIS, PROKOPIM - Bupati Bengkalis Kasmarni membuka acara Bimbingan Tekhnis Pengelolaan Keuangan, bagi bendahara dan Sekretaris TP-PKK desa, kelurahan dan kecamatan se-Kabupaten Bengkalis Tahun 2021, Senin (4/10/2021) di Gedung Daerah Datuk Laksmana Raja di Laut.

Kasmarni menyampaikan melalui pelaksanaan bimbingan tekhnis ini kita dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM bagi bendahara dan sekretaris TP-PKK desa, kelurahan serta kecamatan dalam penataan administrasi pengelolaan keuangan yang lebih baik secara akuntabel dan transparan. 

"PKK sebagai organisasi atau lembaga yang ikut bersinergi dengan Pemerintah Daerah baik di desa, kelurahan maupun kecamatan, yang operasionalnya sebagian besar didapat dari APBD dan APB-Desa, maka wajib hukumnya segala kegiatan yang dilakukan harus dapat dipertanggung jawabkan keuangannya berdasarkan standar akuntansi pemerintah maupun berdasarkan peraturan perundang-undangan," tegasnya.

Bupati Wanita tersebut mengatakan, PKK selama ini telah menjangkau masyarakat sampai bagian terkecil dari masyarakat yaitu keluarga. Berbagai program pokok PKK telah berhasil diwujudkan melalui sinergi dan integrasi program dengan berbagai pihak baik instansi pemerintah maupun swasta, besarnya manfaat kinerja PKK baik di tingkat desa, kelurahan serta kecamatan, hendaknya harus diiringi pula dengan kemampuan untuk memberikan pertanggungjawaban keuangan yang tertib dan rapi, ujar Kasmarni.

"Bagi para pengelola administrasi, terutama pengelolaan keuangan PKK, hendaknya memperhatikan betul tata cara perencanaan, penggunaan, pengelolaan dan pengarsipan keuangan terutama keuangan berasal dari APBD dan APB-Desa. Kembali saya ingatkan, tata kelola keuangan bukan hanya tentang penyusunan dan pelaporan, tetapi juga masalah peruntukkan manfaat dana yang diterima, hal ini penting, agar PKK terhindar dari penyalahgunaan dan penyelewengan keuangan", harap Kasmarni.

Terlihat Hadir Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Hj Siti Aisyah, Sekretaris Daerah H. Bustami HY, Dosen FISIP UNRI Hubungan Internasional Indra Yani, Kepala Dinas PMD Yuhelmi, Narasumber dari Bapenda Bengkalis Plt. Kepala Bidang Penerimaan dan Pembukuan Yuni Harmonisari, Wakil Ketua II Hj Akna Juwita.

Kemudian Inspektur Pembantu III Maula Afrizal, Plt Inspektur Pembantu I Dedi Kurniawan, Inspektur Pembantu II Edi Setiawan, PPUP Muda Suhermanto, Auditor Muda Irwan Kurnianwan, serta para pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat Administrator dan Pengawas di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.


Berita Lainnya

Tulis Komentar