Jumat, 26 April 2024 - 10:29:57 WIB - Dibaca : 449 Kali

186 JCH Rayon Bengkalis Diberi Pembekalan, Bupati Pesankan Jaga Kesehatan Fokus Dalam Keberangkatan Ibadah Haji

Editor: Indra - Rep: Herma Safitri - Foto: Syariah

BENGKALIS, PROKOPIM - Sebanyak 186 orang yang terdiri dari 96 orang dari Kecamatan Bengkalis, 48 orang dari Kecamatan Bantan, 10 orang dari Kecamatan Siak Kecil, 24 orang dari Kecamatan Bukit Batu dan 8 orang dari Kecamatan Bandar Laksamana ikuti Pembekalan Bagi Jama’ah Calon Haji Kabupaten Bengkalis Tahun 1445 H – 2024 M, Khusus Rayon Bengkalis, Jumat (26/4/24).

Acara yang dipusatkan di Aula Pantai Marina Hotel Bengkalis tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Bengkalis diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Bengkalis Andris Wasono.

Dalam sambutan tertulis Bupati Bengkalis Andris Wasono mengatakan, sebagai wujud tanggung jawab, komitmen, keseriusan serta kepedulian pemerintah daerah, sebagai bagian dari penyelenggara haji ditanah air ini, tentunya akan terus berupaya semaksimal mungkin, agar bapak/ibu para Jama’ah Calon Haji (jCH) yang akan menjadi tamu-tamu Allah, benar-benar bisa mendapatkan kemudahan, keamanan, dan kenyamanan, selama pelaksanaan ibadah haji. 

Kemudian lanjut Andris, melalui pembekalan ini, kami ingin, agar bapak/ibu para JCH tidak gugup ketika melaksanakan ibadah haji, karena ada kekhawatiran tidak terlaksananya rukun haji sesuai dengan tuntunan dan syari’at, mengingat rukun haji adalah sesuatu yang sangat penting.

"Kepada bapak/ibu para JCH kiranya dapat mengikuti kegiatan pembekalan ini dengan baik dan sungguh-sungguh, sehingga bapak/ibu, dapat memahami secara detail, tentang rukun, syarat maupun tatacara pelaksanaan ibadah haji, dan kelak dapat mengerjakannya dengan sempurna, sehingga bisa kembali menjadi haji yang mabrur," harapnya.

Andris juga mengingatkan, kepada para JCHi, agar senantiasa menjaga kesehatan dan fokus pada keberangkatan ibadah haji. Hal ini penting, karena bapak/ibu akan memulai perjalanan serta ritual ibadah yang cukup panjang. Ditambah lagi kondisi cuaca dikota Mekah dan Madinah terutama wilayah Arab Saudi, sangat jauh berbeda dengan kondisi cuaca kita di tanah air ini. Untuk itu, mulai saat ini, bapak/ibu dituntut agar tetap menjaga stamina, menjaga pola makan dan istirahat yang cukup serta rajin-rajinlah berolahraga.

"Bapak/ibu semua adalah Duta Kabupaten Bengkalis dan Duta Indonesia, untuk itu bapak/ibu JCH untuk tetap menjaga kekompakan, saling tolong menolong, karena kondisi dan suasana yang akan dihadapi nanti pasti akan berbeda dengan kondisi di tanah air. Hilangkan sikap egois, buang jauh-jauh sikap arogan dan meremehkan orang lain. Bangun rasa kasih sayang dan semangat kebersamaan, perkuat persaudaraan, pupuk sikap toleransi dan saling menghormati serta harus berakhlakul karimah." Ujarnya mengakhiri.

Turut Hadir dalam acara tersebut Narasumber dari Kemenag Provinsi Riau H. Zulfadhli dan dari DDII H. Muhammad Ashsubli, Dandim 0303 Bengkalis diwakili Kasdim Mayor Arh Sudiyono, Ketua MUI H. Amrizal, Kepala Disdalduk KB H. Hambali, Kalaksa BPBD Sufandi, Kadis Perindag Zulfan, Kadis Sosial Paulina, peserta pembekalan dan undangan lainnya.


Berita Lainnya

Tulis Komentar