Sabtu, 15 Juni 2024 - 21:36:45 WIB - Dibaca : 907 Kali

Agar Bisa Meraih Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi, SDN 4 Lakukan MoU dengan LSM Bahtera Melayu

Editor: Nurhadi - Rep: Tim Humas - Foto: Tim Humas

BENGKALIS, PROKOPIM - Guna mempersiapkan diri agar bisa meraih Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi bahkan bisa sampai ke Tingkat Nasional, SDN 4 Bengkalis lakukan Penanda tanganan Memorandum Of Understanding (MOU) dengan LSM Bahtera Melayu sekaligus melaksanakan Sosialisasi  Program Literasi Lingkungan, Sabtu (15/06/2024) bertempat di SDN 4 Bengkalis.

Penanda tanganan dilakukan oleh Kepala SDN 4 Bengkalis Silvia Gaiatry S. PD. SD, dan  Direktur Eksekutif LSM Bahtera Melayu, Defitri Akbar, di dampingi Sekretaris Eksekutif Khairul Saleh yang disaksikan juga seluruh majlis guru dan beberapa mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis.

Direktur LSM Bahtera Melayu Defitri Akbar dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan bangga karena SDN 4 Bengkalis memiliki keinginan besar untuk mewujudkan sekolahnya sebagai sekolah Program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup Sekolah (PBLHS).

Menurutnya lagi, program ini sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup, tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah dan Penghargaan Adiwiyata.

Pria yang akrab disapa Dedek ini mengatakan, LSM Bahtera Melayu siap membantu memberikan motivasi dan pembinaan tentang bagaimana cara untuk mempersiapkan SDN 4  Bengkalis menjadi sekolah yang berbudaya lingkungan hidup yang asri,serta memberikan edukasi kepada anak-anak tentang pelestarian lingkungan dalam upaya mencapai sekolah Adiwiyata.

Pihaknya berharap nota kesepakatan bersama ini bisa berjalan dengan baik ke depannya  agar semua komponen sekolah maupun orang tua siswa, ikut serta mendukung komitmen yang kuat demi tercapai apa yang menjadi cita-cita sekolah serta berharap tidak hanya selesai dengan MoU saja namun proses penerapan di lapangan harus sama sama dipantau dan di jalankan.

"Kami menghimbau agar keterlibatan semua pihak sedapat mungkin dilakukan MoU seperti dengan Korwilcam, Puskesmas, kepolisian, pihak desa, PKK, KUA dan lain-lain sebagai penunjang program ini" Harap Defitri

Sementara itu, Sekretaris Eksekutif Bahtera Melayu Khairul Saleh sebagai narasumber mengatakan bahwa beliau bersama mahasiswa Politeknik Bengkalis Jurusan Bahasa Program Studi Sarjana Terapan (S1 Terpantau Diploma 4) Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional (BISPRO) siap mensosialisasikan Program Literasi Lingkungan dengan tema “ menumbuhkan karakter cinta lingkungan berbasis ilmu pengetahuan “.

Beliau menjelaskan kerusakan lingkungan sangat mengancam kehidupan kita, tentunya harus ada upaya perbaikan dan pemulihan lingkungan dengan meningkatkan kesadaran semua pihak agar terbentuknya karakter cinta lingkungan berbasis ilmu pengetahuan. 

Kemudian atau sapaan yang juga Dosen Politeknik ini menyampai bahwa kesadaran lingkungan ini harus di mulai dari lingkungan keluarga kita di rumah, melalui penerapan pola hidup bersih dan sehat meliputi membuang sampah padan tempatnya dan tidak merusak tanaman.

Gerakan Literasi Sekolah adalah sebuah gerakan dalam Upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga terciptanya pembelajaran sepanjang hayat, Kegiatan rutin ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca.

Sementara itu Kepala SDN 4 Bengkalis Silvia Gaiatry dalam sambutannya juga berharap, pembinaan yang dilakukan oleh LSM dan mahasiswa  ini menjadi cambuk yang memotivasi sekolahnya.

“Kami sangat berterima kasih kepada LSM Bahtera Melayu yang melakukan pembinaan kepada sekolah kami dan mudah-mudahan apa yang kami lakukan ini bermanfaat bagi sekolah dan juga masyarakat,” ujar buk Kepsek yang selalu ramah ini.


Berita Lainnya

Tulis Komentar