Kamis, 20 Juni 2024 - 11:47:07 WIB - Dibaca : 689 Kali

Buka Forum FKPT, Bupati : Lakukan Pencegahan Paham Radikalisme dan Terorisme Secara Masiv

Editor: Indra - Rep: Maryam - Foto: Syariah

MANDAU, PROKOPIM - Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Bengkalis Andris Wasono mewakili Bupati Bengkalis Kasmarni, menghadiri sekaligus membuka acara Smart Indonesiaku, Bersatu Bangsaku (sehat mental keluarga sehat dan cerdas dan tangguh) dalam pencegahan Radikalisme dan Terorisme.

Kegiatan diselenggarakan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Riau pada Kamis (19/06/2024) di Gedung Bathin Betuah Kantor Camat Mandau.

Dalam sambutannya Andris menyambut baik kegiatan ini sebagai bagian dari upaya kita bersama untuk memberikan penyadaran, khususnya kepada anak, remaja dan kelompok perempuan, agar mereka terhindar dari yang namanya paham radikalisme dan terorisme. 

“Oleh karenanya, semua kita perlu berhati-hati, upaya pencegahan paham radikalisme dan terorisme ini harus kita lakukan secara masiv. Terutama kepada ibu-ibu, keluarga dan juga sekolah. Karena pengawasan dari orang tua dan sekolah kepada anak dan remaja sangatlah penting, mengingat, anak-anak yang beranjak remaja mereka sedang mencari validasi diri, dan apabila tidak dibimbing secara baik oleh orang tua, keluarga dan juga sekolah, maka dengan mudah mereka akan terpengaruh dengan yang namanya paham radikalisme dan terorisme,” pesan Andris.

Sampai saat ini Pemerintah Kabupaten Bengkalis terus berupaya melakukan upaya-upaya pencegahan penyebarluasan paham radikalisme dan terorisme ditengah-tengah masyarakat dengan membangun sinergi dan kolaborasi dengan banyak pihak, seperti tni, polri, ormas keagamaan maupun lembaga-lembaga non pemerintah lainnya, ujar Andris.

"Kepada seluruh elemen masyarakat, mari bersama kita perkuat komitmen untuk bersama-sama mencegah paham radikalisme dan terorisme dalam keluarga, sekolah maupun lingkungan masyarakat kita, bersama-sama kita pantau, jika memang ada melihat tindakan yang sifatnya menyimpang dari ajaran agama, segera laporkan kepada RT RW, Lurah, atau kepada pihak yang berwewenang lainnya," ajak Andris.

Andris juga menyampaikan tidak berapa lama kita akan melaksanakan pilkada serentak 2024, kewaspadaan terhadap paham ini harus terus kita antisipasi bersama-sama.

Tampak hadir dalam kegiatan, Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Prof. dr. Irfan Idris. Neliana Puspita Sari,.m.psi, Psikolog, selaku narasumber, Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Provinsi Riau, Hj. Dinawati, Camat Mandau Riki Rihardi, Forkopimcam Mandau, Sekretaris Disdalduk KB Hj. Akna Juita, bapak/ibu guru sekolah, organisasi perempuan, serta anak-anak kami siswa-siswi sekolah se-Kecamatan Mandau.


Berita Lainnya

Tulis Komentar