Jumat, 20 September 2024 - 10:38:39 WIB - Dibaca : 116 Kali

Monitoring Program Unggulan Bermasa, Plt. Kabag Kesra Intruksikan Penggiat Penyuluh Agama Lakukan Kerjasama Dengan Baznas

Editor: Indra - Rep: Beby Candra - Foto: Beby Candra

RUPAT UTARA, PROKOPIM - Pelaksana Tugas (Plt) Kabag Kesra Herman Nur mengintruksikan kepada para penggiat penyuluh agama di Kecamatan Rupat Utara untuk secepatnya melakukan kolaborasi bersama Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kabupaten Bengkalis.

Instruksi tersebut disampaikannya saat melakukan monitoring program unggulan Bermasa bagi penyuluh agama 1 Desa, 1 Kelurahan dan 1 Kecamatan, Jum'at (20/9/2024), di Ruang Rapat Kantor Camat Rupat Utara.

Dalam kegiatan yang berlangsung penuh kebersamaan dan semangat kolaboratif tersebut,  Herman menyampaikan pentingnya peran zakat, infak, dan sadaqah dalam membangun kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Rupat Utara dan khusunya Kabupaten Bengkalis.

"Zakat bukan sekadar kewajiban, tetapi juga sebuah potensi besar untuk memberdayakan ekonomi umat", ujarnya.

Lebih lanjut Herman menambahkan per Agustus ini saja di Baznas Kabupaten Bengkalis sudah terkumpul zakat 8,4 Milyar. Ini sungguh pencapaian yang sangat luar biasa, dan tentu dengan kerjasama antara Da'i Bermasa bersama Baznas untuk membentukkan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) makan akan banyak potensi pengumpulan zakat untuk kemaslahatan umat.

"Jika satu desa itu zakatnya sudah banyak terkumpul maka akan makmurlah desa tersebut", ungkapnya. 

Kepada penggiat penyuluh agama Herman mengingatkan, jangan sampai menjadi “Ular Natu” artinya jangan sampai keberadaan Da'i tidak ada gebrakan, tidak dikenal masyarakat, hadirnya hanya menerima gaji.

"Jangan sampai hal itu terjadi, Da'i ini hadir untuk menyampaikan program Pemerintah Daerah dan meredam permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat", tegasnya.

Dikesempatan tersebut Camat Rupat Utara diwakili Kasi Kesosbud Adi Putra  mengucapkan terimakasih kepada para da'i Bermasa dan rombongan Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Bengkalis yang telah hadir di Kantor Kecamatan Rupat Utara.

Dengan dilaksanakan monitoring program unggulan bermasa bersama da'i Kecamatan Rupat Utara ini dapat mempererat ikatan silaturahmi kepada kami jajaran Pemcam Rupat Utara.

"Kepada da'i bermasa agar dapat menginformasikan dan menjelaskan program Pemerintah Daerah dan program Kecamatan Rupat Utara kepada Masyarakat," harapnya.

Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis diwakili Wakil Ketua I Risman Hambali mengajak kepada penggiat penyuluh agama Kecamatan Rupat Utara untuk melakukan kolaborasi program Baznas dan Da'i Bermasa.

Ada program di Baznas yakni pengumpulan zakat, infak dan shadaqah. Program ini tidak akan tersampaikan kepada masyarakat jika Baznas Kabupaten Bengkalis saja yang bergerak. Untuk itu kami mengajak Da'i 1 Desa, 1 Kelurahan dan 1 Kecamatan agar dapat membentuk UPZ di wilayah tempat bapak/ibuk.

Informasikan kepada pengurus masjid dan mushalla terkait program Baznas untuk membentuk UPZ, karena potensi zakat, infak dan shadaqah di Pulau Rupat khususnya Kecamatan Rupat Utara ini potensinya sangat besar", tutupnya.

Hadir pada acara tersebut, Staf Kesra Hafizam, Syahrul, Ahmad Syarif, Mirza Apriando, Hj Astina, Rafika, Nia Afrina, Egia Yulriana, Korcam Da'i Bermasa Kecamatan Rupat Utara beserta Da'i Desa se-Kecamatan Rupat Utara.


Berita Lainnya

Tulis Komentar