Sabtu, 06 April 2019 - 11:09:42 WIB - Dibaca : 649 Kali

Wujudkan Pemilu yang Adil dan Sportif

BEM Politeknik Negeri Bengkalis Gelar Seminar Nasional

Editor: Yeni Mayasari - Rep: Herma Safitri - Foto: Zahirman Agus
Teks foto: Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Heri Indra Putra, saat membuka seminar nasional, Sabtu (6/4) pagi. Bertempat di Gedung Cik Puan Bengkalis.

BENGKALIS, HUMAS - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Negeri Bengkalis meenggelar seminar nasional. Kegiatan seminar ini dibuka oleh Bupati Bengkalis diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Heri Indra Putra, Sabtu (6/4) pagi. Bertempat di Gedung Cik Puan Bengkalis.

Dalam laporan ketua panitia, Riski Irvan Wahyudi mahasiswa jurusan teknik mesin  mengatakan, seminar nasional ini diikuti 300 peserta dari Politeknik Negeri Bengkalis, Akademi Komunitas Negeri Bengkalis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis, serta Siswa/i SMA dan SMK se- Kecamatan Bengkalis dan Kecamatan Bantan.



Dengan mengusung tema “Pemuda Indonesia yang Maju dan Cerdas Serta Berintegritas dalam Mensukseskan Pemilu 2019,”

Sementara dalam sambutan tertulis Bupati Bengkalis, melalui Heri Indra Putra mengatakan, Pemuda adalah garda terdepan penentu masa depan bangsa, eksistensi pemuda dalam pemilu tidak hanya sebatas “pemilih pemula”. Peran pemuda dan inovasinya juga harus diarahkan agar mampu terlibat aktif dalam lembaga-lembaga penyelenggara pemilu. Secara langsung itu akan menjadi sarana kaderisasi bagi pemuda di dalam organisasi penyelenggara pemilu. Sehingga  kebutuhan regenerasi penyelenggara pemilu dapat terjawab dengan sumber daya manusia yang tepat.



“Pemuda merupakan penerus perjuangan generasi terdahulu untuk mewujudkan cita-cita bangsa. Melihat dari potensi yang melekat pada generasi muda, sudah selayaknya para pemuda terjun untuk ikut serta dalam mengisi kemerdekaan dan pembangunan nasional. Peran pemuda dalam mengisi kemerdekaan dan pembangunan nasional dapat memberikan dampak positif  bagi pertumbuhan bangsa, termasuk dalam penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu).” Jelas Heri.



Bahkan keterlibatan pemuda dalam pemilu sudah diatur dalam UU no. 40 tahun 2008 pasal 17 ayat (3). di dalam UU tersebut disebutkan bahwa peran aktif pemuda sebagai agen perubahan diwujudkan dengan mengembangkan salah satunya adalah pendidikan politik dan demokratisasi. Keterlibatan pemuda dalam berpartisipasi akan sangat memberikan arti bagi proses penyelenggaraan pemilu yang berjalan dengan aman damai dan demokratis.

“Mari kita sukseskan setiap ajang pemilu dengan berpartisipasi aktif dan bekerjasama dengan pengelenggara pemilu demi mewujudkan pemilu yang adil dan sportif” pungkas Heri.


Berita Lainnya

Tulis Komentar