Selasa, 27 Agustus 2019 - 13:57:25 WIB - Dibaca : 646 Kali

Diberi Nama Saguwit Lunch Box:

4 Orang Ibu-Ibu Harumkan Nama Kabupaten Bengkalis Ditingkat Provinsi Riau

Editor: Tim Humas - Rep: Nuratika - Foto: Sifawati
Teks foto: Kabupaten Bengkalis Berhasil Meraih Juara Tiga Pada Ajang Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Provinsi Riau, di GOR Tri Buana, Pekanbaru, Selasa, (27/8/19).

PEKANBARU, HUMAS - Dengan olahan sagu, makanan yang diberi nama Saguwit Lunch Box perwakilan dari Kabupaten Bengkalis, berhasil meraih juara tiga pada ajang Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Provinsi Riau, di GOR Tri Buana, Pekanbaru, Selasa, (27/8/19).

Kegiatan yang ditaja oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau tersebut mengusung tema Sagu Riau Menyapa Dunia, dan dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) Edy Afrizal Natar Nasution, dan dihadiri Ketua TP PKK Provinsi Riau Hj. Misnarni Syamsuar, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Riau Hj. Suti Mulyati, Ketua TPP PKK se-Provinsi Riau.

Sebanyak 10 Kabupaten/Kota ikut bersaing dalam ajang tersebut dan memperebutkan sebuah piala bergilir Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau, dimana piala tersebut diraih oleh Kabupaten Bengkalis pada kompetisi ditahun 2018.

Namun, pada tahun 2019 ini piala tersebut berpindah tangan, menjadi milik Kabupaten Kepulauan Meranti, dimana mereka meraih Juara I pada kategori Lunchbox dan Juara II pada kategori Produk Olahan.

Sementara untuk Kabupaten Bengkalis, berhasil merebut dua juara pada dua kategori, diantaranya Juara III pada kategori Lunchbox, dan Juara I pada kategori produk olahan.

Produk Lunchbox yang disuguhkan oleh empat orang perwakilan Kabupaten Bengkalis Muntama (Kecamatan Bantan), Siti Rahmah (Kecamatan Bantan), Wati (Talang Muandau), dan Wilda Ningsih (Kecamatan Bukit Batu) diberi nama Saguwit Lunchbox, dimana dalam paket makanan tersebut berisikan nasi sagu pandan harum, lodeh kuning Busaku, sambal mengkudu, tahu gurih pegagan, pepes siput buah sawit, serta di variasi dengan Jus tiga S (Sirsak, Sebulu, dan Senduduk).

Kemudian untuk produk olahan yang ditampilkan dari Kabupaten Bengkalis diantaranya, Rubik Balado (Duri, Kecamatan Mandau), Keripik Nenas (Sungai Pakning, Kecamatan Bukit Batu), dan Kembang Loyang Sagu (Sungai Pakning, Kecamatan Bukit Batu).

Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Kasmarni Amril bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bengkalis Hj. Akna Juita Bustami, menghadiri dan memberikan support langsung kepada perwakilan Kabupaten Bengkalis.

Menurut Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, tema yang diusung pada tahun 2019 ini, merupakan salah satu bentuk kepedulian Provinsi Riau terhadap perkembangan sagu di Riau.

"Selain Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Bengkalis juga merupakan salah satu daerah yang sangat banyak dalam budidaya dan pengelolaan sagu," ujar Kasmarni.

Kemudian dia berharap, dengan tema tersebut mampu meningkatkan potensi dan minat dari masyarakat Riau, untuk melestarikan sagu.

Melihat Kabupaten Bengkalis yang juga berhasil dalam menorehkan prestasi di tingkat Provinsi Riau ini. Kasmarni Amril juga mengucapkan selamat dan tahniah atas prestasi yang diraih oleh perwakilan Kabupaten Bengkalis.

"Meskipun tahun ini kita belum berhasil mempertahankan prestasi yang diraih dahulu, kami harap kita terus berlatih, terus munculkan inovasi dan kreatifitas dalam menciptakan menu B2SA tersebut," ujar Kasmarni sembari memberikan motivasi.

"Tahun depan masih ada, untuk itu kami harap kita tetap harus kompak dan semangat, jangan pantang menyerah," tutupnya.


Berita Lainnya

Tulis Komentar