Sabtu, 05 Oktober 2019 - 13:20:29 WIB - Dibaca : 797 Kali

Bahasa Adalah Cerminan Identitas Diri

Editor: Nurhadi - Rep: Halimatussa'diah - Foto: Sabariah
Teks foto: Penyuluhan Bahasa Indonesia Bagi Insan Media yang dilaksanakan oleh UPT Balai Bahasa Provinsi Riau, bertempat di Gedung Daerah Laksamana Raja Dilaut, Sabtu (5/10/2019).

BENGKALIS, HUMAS - Puluhan Wartawan dari berbagai media di Kabupaten Bengkalis mengikuti penyuluhan Bahasa Indonesia bagi insan media yang dilaksanakan oleh UPT Balai Bahasa Provinsi Riau, bertempat di Gedung Daerah Laksamana Raja Dilaut, Sabtu (5/10/2019).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bengkalis Johansyah Syafri.

Penyuluhan Bahasa bagi insan media massa tersebut diikuti sebanyak 50 orang peserta.

Kepala Bahasa Riau UPT Kebahasaan Kemendikbud Provinsi Riau Imelda Yance S.S M. Pd dalam sambutannya pembinaan media massa merupakan mitra strategis Balai Bahasa karena melalui tulisan para peserta dapat menggunakan model Bahasa Indonesia yang baik dan benar, kemudian kami berharap istilah baru dari Bahasa Indonesia dapat dimasyarakatkan melalui media massa.

Sementara itu Menurut Laporan Panitia ibu Irfariati S.Pd, kegiatan ini sebagai usaha jati bangsa Indonesia yang bertujuan untuk mendukung visi-misi bangsa Indonesia.

Lebih lanjut menurut beliau lagi, Kami juga telah memberikan apresiasi kepada SMP 1 Negeri Bantan yang telah meraih juara 4 pada pelaksanaan lomba Bahasa Sekolah Tahun 2019.

Sementara itu Kadis Diskominfotik Kabupaten Bengkalis dalam sambutannya mengatakan tujuan umum dari penyelenggaraan penyuluhan ini bagaimana cara menggunakan Bahasa Indonesia baik secara tulisan maupun lisan sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) yang baik dan benar, karena Bahasa merupakan cermin identitas diri dari seseorang, juga sebagai identitas bangsa, karena dalam konteks media massa bahwa Bahasa Indonesia adalah Bahasa persatuan, sebagaimana ejaan yg digunakan saat ini adalah Ejaan Bahasa Indonesia (EBI).

Lebih lanjut Johansyah Syafri berharap penggunaan bahasa Indonesia bagi masyarakat Kabupaten Bengkalis memiliki andil besar atas kontribusi orang melayu, sebagaimana yang kita ketahui bahwa bahasa Indonesia ini berasal dari Bahasa Melayu, oleh karena itu kedepannya kepada masyarakat Kabupaten Bengkalis khususnya para media massa untuk melakukan penulisan agar dapat membuka KBBI terlebih dahulu sehingga penulisan naskah-naskah menjadi benar dan baik dalam konteks tutur tulisan maupun lisan.

Turut Hadir bersama Kepala Bahasa Riau UPT Kebahasaan Kemendikbud di Provinsi Riau Imelda Yance S.S M. Pd, Peneliti Balai Bahasa Riau Irfariati S.Pd, Media Bengkalis Usman Malik serta Bapak Ibu Peserta kegiatan penyuluhan Bahasa Indonesia bagi insan media massa.


Berita Lainnya

Tulis Komentar