Senin, 21 Oktober 2019 - 13:51:59 WIB - Dibaca : 471 Kali

Pemerintah Kabupaten Bengkalis Sambut Tim Penilai GSI dan P2WKSS Provinsi Riau

Editor: Nurhadi - Rep: Wili Nur Kharisma - Foto: Melda Silfa
Teks foto: Foto Bersama Pada Acara Penilaian Lomba GSI dan Lomba P2WKSS Tingkat Provinsi Riau Tahun 2019, di Aula Kantor Camat Siak Kecil, Senin (21/10/2019).

SIAK KECIL, HUMAS - Bupati Bengkalis diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Heri Indra Putra menghadiri dan membuka secara resmi acara Penilaian Lomba Gerakan Sayang Ibu (GSI) dan Lomba Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Riau tahun 2019, yang bertempat di Aula Kantor Camat Siak Kecil, Senin (21/10/2019) pagi. 

Acara yang dimulai pada pukul 10.00 WIB ditandai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars PKK, Tari Persembahan, Sambutan Camat Siak Kecil oleh M. Fadlul Wajdi, dan Sambutan Tim Penilai dari Provinsi Riau, Persembahan Drama Musikal dari Forum Anak acara dilanjutkan dengan Pengarahan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis, yang diwakili oleh Wakil Ketua III TP-PKK Kabupaten Bengkalis, Hj. Akna Juita.

Berbagai program Pemerintah bersama masyarakat telah dilaksanakan, diantaranya adalah Gerakan Sayang Ibu dan program P2WKSS yang merupakan program Pemerintah Pusat untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan pada aspek pendidikan, kesehatan dan daya beli terutama bagi keluarga miskin di Desa/Kelurahan. 

"Peranan perempuan sebagai mitra sejajar pria perlu ditingkatkan agar mampu memberikan sumbangan yang besar dalam berbagai bidang pembangunan agar dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga di Kecamatan Siak Kecil khususnya dan Kabupaten Bengkalis umumnya," Ungkap Heri. 

Tujuan peranan wanita dalam pembangunan, sambung Heri lagi, adalah dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia dan diharapkan program ini dapat merubah sikap perempuan dalam meningkatkan kesehatan, ekonomi, keluarga berencana, serta dapat menggali potensi yang ada ke arah yang lebih baik serta dapat meningkatkan kualitas diri perempuan.

Kegiatan lomba ini bermaksud sebagai pemberian penghargaan kepada para pelaksana program terpadu P2WKSS dan GSI untuk mendorong dan meningkatkan gairah para pelaksana di daerah untuk lebih meningkatkan prestasi dalam melaksanakan program tersebut. 

"Untuk itu kami harapkan kepada para kader untuk terus bersemangat dan terus menjaga kebersamaan dan kekompakan. Namun perlu menjadi perhatian kita bersama bahwa juara itu bukanlah tujuan utama, karena target GSI dan P2WKSS itu mampu melakukan pemberdayaan perempuan dan keluarga untuk meningkatkan kualitas diri dalam kehidupan sehari-hari," Pungkas Heri. 

Dalam kesempatan tersebut tampak hadir tim penilai dari Provinsi Riau, Elly Hayatinur dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Riau, Rahmi Zainal dari TP-PKK Provinsi Riau, Rita Gustina dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau, dan Devi Rusanti dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Riau. 

Sementara itu Devi perwakilan tim penilai Provinsi mengungkapkan bahwa GSI sendiri merupakan suatu gerakan masyarakat, perempuan (sebagai Sumber Daya Manusia) melalui kegiatan yang mempunyai dampak terhadap upaya penurunan Angka Kematian Ibu dalam rangka meningkatkan SDM. Yang dilaksanakan secara bersama-sama antara Pemerintah dan masyarakat, untuk lebih meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kepedulian terhadap ibu hamil, nipas, bersalin dan bayi. 

"Dilakukannya perlombaan ini untuk menarik kesadaran dan membangkitkan sinergitas masyarakat. Untuk perlombaan ini kami menilai dari Posyandu, peran masyarakat. Untuk kesejahteraan perempuan, ruang lingkup hijau dan diperani langsung oleh perempuan," Tutur Devi. 

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Bengkalis Dapil Bukit Batu, Siak Kecil dan Bandar Laksaman Rahmah Yenni dan Febriza Luwu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Bengkalis H. Mustapa, Tim Juri Penilai Provinsi Riau, Wakil Ketua III TP-PKK Kabupaten Bengkalis Hj. Akna Juita Bustami, Camat Siak Kecil M. Fadlul Wajdi, Kapolsek Siak Kecil Sunaryo, Danramil Bukit Batu diwakili Sayuti, Kepala Desa dan Ketua TP-PKK Desa Se-Kecamatan Siak Kecil, dan undangan lainnya.


Berita Lainnya

Tulis Komentar