Minggu, 27 Oktober 2019 - 14:11:29 WIB - Dibaca : 759 Kali

Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Terima Pusaka Kujang Karuhan

Editor: Nurhadi - Rep: Tim Humas - Foto: Tim Humas
Teks foto: Foto Bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril Pada Acara Silaturahmi Akbar Bersama Paguyuban Sunda, di Halaman Anjung Seni Idrus Tin Tin (Purna MTQ), Minggu (27/10/2019).

PEKANBARU, HUMAS – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril terima Kujang Karuhan dari Mitra Sunda Riau (Misuri) sempena pelaksanaan Silaturahmi Akbar bersama Pagayuban Sunda, Minggu (27/10/2019), di Halaman Anjung Seni Idrus Tin Tin (Purna MTQ) Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

Pemberian Kujang tersebut langsung diserahkan Ketua Misuri Riau H. Eyang M Surahmat kepada Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril.

Dikatakan Ketua Misuri Riau H. Eyang M Surahmat bahwasanya pemberian Kujang Karuhan ini merupakan rasa penghormatan dan terimakasih, dan pemberian ini juga sudah disepakati dari Pagayuban Sunda di Riau untuk diberikan kepada istri Bupati Bengkalis.

“Semoga pemberian Kujang Karuhan ini diterima langsung oleh Ibu Kasmarni”, kata Eyang M Surahmat.

Disamping itu Eyang M Surahmat menjelaskan Kujang mempunyai pengertian sebagai pusaka yang mempunyai kekuatan tertentu yang berasal dari para dewa (Hyang), dan sebagai sebuah senjata, sejak dahulu hingga saat ini Kujang menempati satu posisi yang sangat khusus di kalangan masyarakat Jawa Barat (Sunda). Sebagai lambang atau simbol dengan nilai-nilai filosofis yang terkandung di dalamnya, Kujang dipakai sebagai salah satu estetika dalam beberapa lambang organisasi serta pemerintahan. Di samping itu, Kujang pun dipakai pula sebagai sebuah nama dari berbagai organisasi, kesatuan dan tentunya dipakai pula oleh Pemda Provinsi Jawa Barat.

“Semoga dengan diberikannya pusaka Kujang Karuhan ini akan menjadikan ibu salah satu mitra warga sunda, untuk itu kami mengajak kepada warga sunda yang ada di Riau ini untuk memanggil ibuk dengan gelar Teteh”, ajak Ketua Misuri.

Dikesempatan itu juga Ketua TP-PKK yang juga istri dari Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengucapkan terimakasih, atas kepercayaannya untuk menerima pusaka Kujang Karuhan Ini.

“Kami menerima baik atas pemberiannya, semoga pemberian ini akan memberikan dampak positif bagi kami dan khususnya bagi pagayuban Sunda”, Ungkap Kasmarni.

Kegiatan tersebut dihadiri Anggota DPRD Provinsi Riau Iwandi, Danrem 031 WB Brigjen TNI Mohammad Fajar, Kapolda Riau diwakili Irwasda Komisaris Besar Polisi Muhammad Zainal Mutadin, Kasat PJR Ditlantas Polda Riau AKBP Indra wijatmiko, Wakil Walikota Pekanbaru Ahmad Cahyadi, Direktur Awal Bros Sudirman.

Kemudian tampak hadir juga Mantan Bupati Siak Arwin As, Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK) Riau Jailani, Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Bengkalis Alfakhrurrazi, Ketua Koni Bengkalis Darma Firdaus, tokoh sunda Provinsi Riau Asep Ruhiat, kalangan masyarakat dan tokoh sunda serta Mitra Sunda Riau jawa barat yang ada di Riau.


Berita Lainnya

Tulis Komentar