Kamis, 28 November 2019 - 20:49:09 WIB - Dibaca : 323 Kali

TP-PKK Berperan Penting Dalam Pembangunan Daerah

Editor: Nurhadi - Rep: Nuratika - Foto: Sifawati
Teks foto: Ketua TP-PKK Bengkalis Kasmarni Amril Saat Menerima Hadiah Pada Acara Pembukaan Rapat Kerja TP-PKK Kabupaten Bengkalis, di Balai Kerapatan Adat Wisma Daerah Sri Mahkota, Kamis (28/11/2019).

BENGKALIS, HUMAS - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bengkalis memiliki peran penting dalam pembangunan Daerah guna mewujudkan keluarga sejahtera khususnya di Negeri Junjungan Kabupaten Bengkalis.

Demikian dikatakan Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril saat sambutannya pada acara Pembukaan Rapat Kerja TP-PKK Desa/Kelurahan dan Kecamatan tingkat Kabupaten Bengkalis, Kamis (28/11/2019), di Balai Kerapatan Adat Wisma Daerah Sri Mahkota Bengkalis.

Dikatakan Kasmarni bahwa berbagai program kerja TP-PKK sejalan dengan program kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis, utamanya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena untuk membangun Indonesia khususnya Kabupaten Bengkalis, tidak bisa Pemerintah Daerah sendiri, harus melibatkan semua pihak, termasuk salah satunya adalah PKK.

“Sebagai mitra pemerintah, TP-PKK Kabupaten Bengkalis cukup banyak berbuat, dan keberhasilannya sudah sangat dirasakan oleh masyarakat, serta diakui perannya dalam mendukung proses pembangunan yang dilaksanakan pemerintah, seperti, pada bidang pendidikan, PKK telah berperan dalam membentuk karakter generasi penerus dengan adanya PAUD yang sebagian besar dimotori oleh kader-kader PKK,” jelas Kasmarni.

Kemudian dalam upaya perbaikan dan peningkatan gizi peserta didik PKK telah terlibat aktif dalam penyediaan makanan tambahan anak sekolah. Kemudian, pada bidang kesehatan PKK juga telah berperan sebagai garda terdepan dalam melaksanakan kegiatan, seperti di posyandu, yaitu, kesehatan ibu dan anak, KB, imunisasi, gizi dan penanggulangan diare serta pendidikan dan pemberian motivasi terkait percepatan pencegahan stunting kepada masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Untuk itu pemerintah berkewajiban untuk selalu mendorong gerakan PKK agar dapat terus tumbuh dan berkembang, serta mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, sesuai dengan misi utamanya dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat,” kata Kasmarni.

Sesuai dengan tema Raker PKK tahun 2019 ini “Konsolidasi Gerakan PKK Menyongsong Rapat Kerja Nasional 2020”, PKK diharapkan mampu bersinergi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab untuk menyukseskan pelaksanaan 10 program pokok PKK, di Kabupaten Bengkalis.

Dalam laporan Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis, H Yuhelmi mengatakan bahwa Raker TP-PKK tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2019 memiliki tujuan untuk menyamakan presepsi dengan kebijakan Pemerintah melalui gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

"Selain itu terinformasinya kebijakan kelembagaan dan program kerja PKK sehingga terintegrasinya 10 program pokok PKK," pungkas H Yuhelmi.


Berita Lainnya

Tulis Komentar