Sabtu, 25 Januari 2020 - 16:16:06 WIB - Dibaca : 541 Kali

Bupati Bengkalis Panen Padi dengan Masyarakat Desa Harapan Baru

Editor: Muhammad Fadhli - Rep: Sudiyo - Foto: Muzani
Teks foto: Foto Bersama Pada Acara Panen Raya Padi di Desa Harapan Baru Kecamatan Mandau, Sabtu (25/1/2020).

MANDAU, PROKOPIM - Bupati Bengkalis Amril Mukminin bersama masyarakat Desa Harapan Baru, Kecamatan Mandau melakukan panen raya padi, Sabtu (25/1/2020).

Berdasarkan informasi dari masyarakat di Desa Harapan Baru, total lahan yang ditanam padi tersebut seluas 150 hektar, dimana yang panen saat itu hanya 50 hektar, dimana lahan yang digunakan masyarakat sekitar merupakan lahan milik PT. Chevron Pasific Indonesia yang dipinjam pemakaiannya.

Sebelum memanen, Bupati Bengkalis memberikan bibit padi yang merupakan bantuan dari Provinsi Riau dan handsprayer bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis kepada masyarakat.

Seusai itu, Bupati Bengkalis langsung panen padi, kemudian beliau langsung mencoba penggunaan mesin penggiling padi, dimana, padi yang di panen tersebut langsung digiling pada mesin tersebut.

Dengan panen raya yang ada di Kecamatan Mandau tersebut, Bupati Bengkalis berharap dapat berharap dapat mencukupi kebutuhan pokok masyarakat di Desa Harapan Baru, Kecamatan Mandau.

"Tentunya dengan ketersediaan yang cukup, diharapkan mampu memenuhi standart gizi, menjaga kestabilan harga, serta dapat memberikan keuntungan bagi petani, supaya mereka tetap bergairah untuk menanam padi," ujar Bupati Bengkalis.

Bupati Bengkalis juga mengemukakan, penyediaan pangan di Bengkalis akan semakin berat, berkenaan dengan itu, Pemerintah akan terus menggalakkan penanaman padi, jagung dan kebutuhan pangan lainnya.

"Tentunya hal tersebut akan dilakukan secara bertahap dan sesuai regulasi yang ada. Kami telah menginstruksikan kepada Kepala Dinas Pertanian Bengkalis supaya dapat mengatur peruntukan lahan kepada masyarakat sesuai dengan potensi dan kegunaan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan diikuti dengan Peraturan Daerah, agar kedepannya Kabupaten Bengkalis bisa menjadi salah satu daerah yang menghasilkan pertanian, baik di tingkat Provinsi Riau hingga ke Nasional," tutur Amril Mukminin

Hadir dalam panen raya padi tersebut, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Provinsi Riau Herman, Ketua DPRD Bengkalis Khairul Umam, Anggota DPRD Bengkalis Syafroni Untung dan Septian Nugraha, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Bengkalis Hj. Umi Kalsum, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis H. Heri Indra Putra, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Bengkalis H. Tengku Zainuddin.

Lalu Staf Ahli Bupati Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Haholongan, Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni, Camat Mandau Riki Rihardi, Camat Bathin Solapan Wahyudin, Camat Pinggir Azuar, Camat Talang Muandau Nasrizal, Ketua TP-PKK Mandau Dewi Asdinar, Kapolsek Mandau Kompol Arvin Haryadi, Danramil Mandau Kapten Arh. H. Sitorus, Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Kepala Desa, Lurah, BPD dan pengurus Lembaga Adat Melayu Riau serta Tokoh Masyarakat Kecamatan Mandau, Pinggir, Bathin Solapan dan Talang Muandau.


Berita Lainnya

Tulis Komentar