Senin, 10 Februari 2020 - 15:50:48 WIB - Dibaca : 539 Kali

Terima Predikat B SAKIP Tahun 2019

Heri Indra Putra: Segera Tindaklanjuti Rekomendasi Kemenpan RB

Editor: Yeni Mayasari - Rep: Beby Candra - Foto: Beby Candra

BATAM, PROKOPIM - Penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) merupakan langkah konkret yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan reformasi birokrasi, melalui pengelolaan anggaran secara efektif dan efisien.

Ungkapan tersebut disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Sekda Bengkalis H Heri Indra Putra saat mewakili Bupati Bengkalis menerima penghargaan SAKIP dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, Senin (10/2/2020), di Radisson Convention Center, Kota Batam.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis memperoleh nilai 65,79 atau predikat B (Baik) yang menunjukkan tingkat efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil di Pemerintah Kabupaten Bengkalis sudah menunjukkan hasil yang baik, namun memerlukan perbaikan.

Berikut tabel rincian penilaian tahun 2018 dan 2019

Berdasarkan uraian tersebut, Heri Indra Putra selaku Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Bengkalis mengatakan akan segera melakukan koordinasi kepada semua Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk menindaklanjuti rekomendasi yang diberikan oleh Kemenpan RB.

“Rekomendasi tersebut diantaranya, melakukan penyempurnaan dokumen Renstra OPD yang belum selaras dengan dokumen RPJMD. Kemudian memanfaatkan IKU sebagai dasar penilaian kinerja dan pemberian reward dan punishment. Melakukan monitoring atas capaian target kinerja dan rencana aksi secara berkala dengan menggunakan teknologi informasi”, terang Heri.

Tidak hanya itu, lanjut Heri, Kemenpan RB juga merekomendasikan agar Pemkab Bengkalis meningkatkan kualitas pelaporan kinerja Pemerintah Kabupaten dan OPD dengan menyajikan informasi analisis capaian kinerja yang lebih memadai dan kualitas data kinerja yang disajikan dalam laporan kinerja.

“Oleh karena itu, kami meminta kepada seluruh Perangkat Daerah di lingkup Pemkab Bengkalis agar dapat menindaklanjuti hasil evaluasi akuntabilitas kinerjanya”, tegas Heri.

Meskipun begitu, Heri sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh Perangkat Daerah yang telah bekerja sama, bekerja keras dalam meningkatkan kinerjanya.

Sebagai informasi, dari 11 Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau, 9 Kabupaten/kota mendapat nilai B dan 2 Kabupaten mendapat nilai CC.


Angka Kejadian COVID-19 di Kabupaten Bengkalis
Update Terakhir: Jumat, 18 September 2020 12:11:10 WIB
Tercatat di Dinas Kesehatan

937

ODP PDP POSITIF

0

818

119

Sumber : corona.bengkaliskab.go.id [Lihat Selengkapnya]

Berita Lainnya

Tulis Komentar