Kamis, 04 April 2024 - 12:15:22 WIB - Dibaca : 243 Kali

Hadiri Rapat Persiapan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024

Pemkab Bengkalis Siap Bersinergi Wujudkan Situasi Kamtibmas, Kelancaran dan Kenyamanan Saat Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Editor: Indra - Rep: Beby Candra - Foto: Beby Candra

BENGKALIS, PROKOPIM - Bupati Bengkalis diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Andris Wasono menyampaikan Pemerintah Kabupaten Bengkalis siap bersinergi demi mewujudkan Kamtibmas, kelancaran dan kenyamanan saat hari raya idul Fitri 1445 Hijriah.

Ungkapan tersebut disampaikannya saat menghadiri Lintas Sektoral Operasi Ketupat Lancang Kuning Tahun 2024 dalam rangka kesiapan pengamanan Idul Fitri 1445 H, Kamis (4/4/2024), bertempat di Aula Mapolres Bengkalis.

"Kami yakin dan optimis, melalui sinergisitas, kolaborasi dan kerjasama yang kita bangun, paling tidak kita dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, baik itu gangguan keamanan ketertiban atau apapun kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan yang dapat membahayakan masyarakat pada lebaran idul fitri ini", ungkap Andris.

Lebih lanjut Andris berharap melalui Rakor ini, diharapkan semua pihak dapat menyampaikan apa saja upaya mitigasi yang telah dan akan dilakukan dalam menghadapi lebaran idul fitri tahun ini.

Baik itu mitigasi kemungkinan terjadinya kemacetan di rute-rute perjalanan mudik yang akan dilalui oleh masyarakat, termasuk di roro penyeberangan Air Putih-Sungai Selari, Roro Dumai-Rupat, Pelabuhan BSL, Pelabuhan Internasional Bandar Setia Raja, Jalan Lintas Utara dan lain-lain. 

Selain itu juga mitigasi dan persiapan kita terkait posko kesehatan serta persiapan kita terkait bahan pangan yang dibutuhkan oleh masyarakat saat lebaran. Pada prinsipnya kita semuanya harus siap untuk bekerja sama, guna mengupayakan keamanan, ketertiban, serta kelancaran pelaksanaan perayaan idul fitri 1445 hijriah dapat berjalan dengan lancar, terkendali dan kondusif.

"Kepada seluruh aparatur yang bertugas, untuk tidak segan membantu masyarakat, khususnya para pemudik yang membutuhkan pertolongan kita, agar kita dapat mewujudkan arus mudik dan balik yang aman dan berkesan. bantu para pemudik kita dengan ramah, dan utamakan penindakan secara persuasif, karena lebaran ini adalah nuansa suka cita masyarakat", pinta Andris.

Selanjutnya Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro menyampaikan terimakasih atas kehadiran dari Pemerintah Daerah dan Forkopimda dan semua Pihak karna rapat ini sangat penting bagi kami  sebagi wujud sinergi untuk bersama menjaga situasi Kamtibmas, kelancaran, keamanan dan kenyamanan untuk masyarakat selama masa hari raya Idul Fitri 1445H di wilayah Kabupaten Bengkalis.

Kapolres Bengkalis juga menyampaikan beberapa catatan yang harus diperhatikan bagi satgas operasi lancang kuning diantaranya ketersedian dan stabilitas harga pangan. Keselamatan dan kelancaran arus mudik baik daratan maupun lautan. Potensi bencana alam baik itu karhutla maupun bencana banjir, Ancaman gangguan keamanan dan ancaman terorisme.

"Semoga memalui rapat ini kita dapat menyatukan presepsi untuk saling mendukung agar kegiatan mudik dan perayaan Hari Besar Idul Fitri hingga arus balik dapat terlaksana dengan aman, lancar dan nyaman", tutupnya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemaparan dari satgas operasi Ketupat Lancang Kuning dan instansi terkait, baik isu Kamtibmas, kelancaran dan keamanan arus mudik tahun 2024.

Hadir mengikuti rapat tersebut Dandim  0303/Bengkalis diwakili Pasiintel Kodim 0303/Bengkalis Lettu Inf Agus Dani, Wakapolres Bengkalis KOMPOL Faris Nursanjaya, Ketua Kejaksaan Bengkalis diwakili Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Bengkalis, Herdianto, Ketua PA Bengkalis diwakili Sekretaris Pengadilan Agama Bengkalis Mulyana Lanniari, Danposal Bengkalis diwakili, Letda Laut (E) H. M. Sinaga.

Kemudian Kakan Kemenag H Khaidir, Kepala Bea Cukai Bengkalis diwakili Kasi Pelayanan Kepabeanan Cukai Iwan Kurniawan, Kasat Pol PP Kab. Bengkalis diwakili Kabid Tibum Satpol PP Kab. Bengkalis, Ramlan, Serektaris Kesbangpol Kab. Bengkalis, Anuar, Kepala Bidang Pengendalian Operasional, Sarana  Prasarana dan Penyelamatan Pemadam Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran Kab. Bengkalis, Syamsul Rizal.


Berita Lainnya

Tulis Komentar