Kamis, 27 Juni 2024 - 18:56:52 WIB - Dibaca : 228 Kali

Bupati Kasmarni: Gerakan Menanam Pohon Penting untuk Ketahanan Pangan

Editor: Indra - Rep: Nuratika - Foto: Ibrahim

BENGKALIS, PROKOPIM – Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Kamis (27/6/2024), mengikuti kegiatan bakti sosial (penanaman pohon, ketahanan pangan dan beasiswa).

Bakti sosial yang langsung dipimpin Kapolres Bengkalis AKBP Bimo Setya Anggoro yang diwakili Wakapolres Kompol Farris Nursanjaya itu diselenggarakan sempena Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 dipusatkan di Kampung Tangguh Polres Bengkalis, Jalan Poros Sungai Alam, Desa Bathin Alam, Kecamatan Bengkalis.

Usai kegiatan, Johan mengatakan, gerakan menanam merupakan langkah nyata dalam upaya mencapai ketahanan pangan sekaligus pelestarian lingkungan.

Dia mengajak masyarakat di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini untuk menanam pohon buah-buahan di setiap jengkal tanah yang ada di halaman atau pekarangan rumah.

“Selain baik untuk ekosistem lingkungan, penanaman pohon buah-buahan di pekarangan juga dapat mendukung ketahanan pangan keluarga di masa depan," ajaknya seraya menyampaikan apresiasi kepada Kapolres Bengkalis atas diselenggarakan kegiatan bakti sosial ini.

Menurutnya, menjaga pangan untuk masa depan merupakan tugas bersama. Salah satu upaya nyata yang bisa dilakukan masing-masing adalah dengan menanam pohon buah-buahan.

Johan pun mengajak semua lapisan masyarakat senantiasa menjaga dan membangun budaya menanam pohon, karena banyak manfaat yang bisa diraih.

“Salah satunya menjaga ketahanan pangan,” ulang mantan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis ini.

Dia juga mengajak agar gemar menanam pohon di lingkungan sekitar masing-masing mulai sekarang dijadikan budaya. 

“Meskipun mungkin terbatas, manfaatkan setiap lahan yang ada. Ketika kita melakukan gerakan tanam pohon, berarti kita semua telah ikut berkontribusi mewujudkan ketahanan pangan pada masa depan," ujarnya.

Dikatakan Johan, menjaga ketahanan pangan bukan hanya tugas pemerintah atau jajaran Polri semata, melainkan tanggung jawab kita semua. Tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat.

"Pangan merupakan sektor yang amat penting dalam membangun bangsa agar lebih maju. Kami berharap kegiatan penanaman pohon tersebut yang diinisiasi jajaran Polres Bengkalis ini dapat menjadi kultur masyarakat Kabupaten Bengkalis di kemudian hari," imbuh Johan.

Ia berharap peran serta semua pemangku kepentingan, termasuk peran tokoh agama, tokoh adat, pemuka masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan senantiasa mengajak masyarakat di lingkungannya untuk gemar menanam pohon buah-buahan di pekarangan masing-masing.

Terpisah, Wakapolres Kompol Farris Nursanjaya menjelaskan, dalam kegiatan bakti sosial Hari Bhayangkara ke-78 di jajaran Polres Bengkalis ini ada 1.200 batang pohon yang ditanam.

Ada pun jenis pohon yang ditanam, katanya, Durian (Durio zibethinus), Matoa (Pometia pinnata), Aren atau Enau (Arenga pinnata), Asam Jawa Tamarindus indica, dan Sirsak, Nangka Belanda, atau Durian Belanda ( Annona muricata L.) 

“Selain itu kita juga memberikan bantuan 1.250 bibit ikan untuk 5 orang warga yang masing-masing mendapat 250 ekor bibit. Serta, beasiswa untuk 2 orang siswa berprestasi masing-masing mendapat Rp2 juta,” terang Kompol Farris Nursanjaya.

Selain Johan dan Kompol Farris Nursanjaya, hadir dalam kegiatan tersebut dan ikut menanam pohon secara simbolis, antara lain Dandim 03/03 Bengkalis diwakili oleh Pasi Log Lettu. Inf. Ucok Doni Samosir, Kajari Bengkalis diwakili Pasi Intel Herdianto, Ketua Bhayangkari Kab. Bengkalis Ny. Vinda Setyo Bimo Anggoro, dan Wakil ketua Bahayangkari Bengkalis Ny. Silvie Farris.

Sedangkan dari jajaran Pemkab Bengkalis, yakni Sekretaris Dinas Perkebunan H. Dahen Tawakkal, Kadis Pendidikan diwakili Kabid Pembinaan Ketenagaan Suwanto dan kadis Perikanan Kepala Bidang Mutu Usaha Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Fauzan Azima F.


Berita Lainnya

Tulis Komentar