Senin, 23 September 2024 - 11:55:45 WIB - Dibaca : 116 Kali

Tingkatkan Kapasitas SDM Pengurus Koperasi, Bupati Buka Pelatihan Digitalisasi UMK Program PK2UMK

Editor: Indra - Rep: Halimatussa’diah - Foto: Beby Candra
Teks foto: Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Johansyah Syafri Saat Menyampaikan Arahannya Pada Pembukaan Pelatihan Digitalisasi UMK Program Peningkatan Kapasitas Koperasi, Usaha Mikro dan Kecil (PK2UMK).

BENGKALIS, PROKOPIM - Dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM bagi para pengurus koperasi, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bengkalis taja Pelatihan Digitalisasi UMK Program Peningkatan Kapasitas Koperasi, Usaha Mikro dan Kecil (PK2UMK) yang bertempat di Aula Hotel Surya Bengkalis, Senin (23/09/2024).

Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Johansyah Syafri dengan mengikutkan sebanyak 30 peserta terdiri dari 11 kecamatan se-Kabupaten Bengkalis yang berlangsung selama tiga hari di mulai tanggal 23 hingga 25 September 2024 mendatang.

Dalam sambutan nya, mewakili Bupati Bengkalis, Johansyah Syafri mengatakan sebagai soko guru Perekonomian Indonesia, sudah seharusnya koperasi menjadi alternatif rasional yang dicari oleh masyarakat, agar mampu memberikan solusi bagi persoalan ekonomi.

"Dengan dilakukan pembinaan digitalisasi hari ini untuk mempermudah pengelolaan ekonomi rakyat melalui aktivitas usaha koperasi dan UMK serta meningkatkan kapasitas usaha koperasi dan UMK di Kabupaten Bengkalis ini," ujar Johan.



Karena dengan digitalisasi, lanjut Johan pelaku usaha akan lebih mudah menjual dibanding masa lalu. tanpa perlu memiliki toko atau lahan usaha, pelaku usaha sudah bisa memasarkan produknya di market place atau media sosial, karena menjangkau hingga ke mancanegara.

“Untuk itu pemanfaatan digitalisasi harus bisa dimanfaatkan secara optimal. Jika koperasi dan UMK bisa menguasai digitalisasi, maka kami optimis, koperasi dan umk dapat maju serta berkembang menjadi sebuah ekosistem ekonomi yang sehat dan berkelanjutan, yang akan berafiliasi dalam mendukung terwujudnya Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera,” kata Johan.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Bengkalis, Edy Purnama, selaku Ketua Panitia kegiatan menegaskan kepada pengurus koperasi ia  berharap hasil dari pelatihan ini nanti para peserta agar dapat membentuk koperasi dengan berkolaborasi bersama UMKM diwilayah bapak/ibu. Lakukan kolaborasi yang baik dengan UMKM, agar keberadaan koperasi mampu mendongkrak pendapatan daerah.

Hadir juga dalam sosialisasi tetsebut narasumber dari BPSDM Provinsi Riau Ahmad Fauzi, Sekretaris Dinas Koperasi Bengkalis Aulia Army dan Seluruh Perangkat Bidang di Lingkup Dinas Koperasi Bengkalis serta para pengurus koperasi Se-Kabupaten Bengkalis.


Berita Lainnya

Tulis Komentar