Selasa, 22 Oktober 2024 - 13:22:25 WIB - Dibaca : 129 Kali

Percepat Pembentukan Penyusunan RDTR, Pemkab Bengkalis Buka Konsultasi Publik dan Launching Aplikasi SIMTARU

Editor: Indra - Rep: Halimatussa’diah - Foto: Ibrahim
Teks foto: Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Andris Wasono Saat Melakukan Soft Launching SIMTARU Dengan Penekanan Tombol Bersama.

BENGKALIS, PROKOPIM - Dalam rangka Percepatan Pembentukan Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menggelar Konsultasi Publik I Penyusunan RDTR Perkotaan Bengkalis dan Sosialisasi Peraturan Daerah No. 1 Tahun 2022 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bengkalis Tahun 2022-2042 sekaligus soft launching aplikasi sosialisasi Sistem Informasi Penataan Ruang (SIMTARU), Selasa (22/10/2024).

Bertempat di Ruang Rapat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bengkalis, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Pjs Bupati Bengkalis diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Andris Wasono dengan penekanan tombol yang didampingi Sekretaris Dinas PUPR Erdila Fitriyadi dan Wakil Ketua III DPRD Bengkalis H. Misno.



Dalam sambutan Sekretaris PUPR Erdilla Fitriyadi menyampaikan bahwa lahirnya Peraturan Daerah No 1 Tahun 2022 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah yang sudah cukup lama dan panjang berproses membutuhkan waktu 2 tahun dan akhirnya di Tahun 2022 kita berhasil menuntaskan dan mengesahkan RDTR menjadi sebuah peraturan sebagai acuan kepastian hukum.

Dan Alhamdulillah, lanjut Erdila, hari ini kita dapat melanjutkan untuk konsultasi Publik Pertama RDTR Perkotaan Kabupaten Bengkalis, untuk itu kami harap kepada seluruh Stakeholder yang datang hari ini, agar dalam penyusunan RDTR Perkotaan Bengkalis ini nantinya bisa menggaris semua isu-isu, informasi dari lintas sektoral, sehingga menjadi referensi dan masukan.

Ketika sudah disahkan dan menjadi acuan bagi OPD Teknis yang mempunyai kepentingan. Dan kami harap kepada Bapak/Ibu yang hadir silakan berikan masukan dan koordinasi kepada pimpinan, sehingga nanti bisa kami akan menyaring apa saja indikator yang menjadi acuan dalam RDTR Perkotaan Bengkalis, ujar Erdila.

“Dan terakhir, tujuan di launching nya aplikasi SIMTARU, untuk memberikan manfaat besar bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis, dan Aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan berbagai urusan yang berkaitan dengan tata ruang, memberikan kontribusi positif dalam pengembangan wilayah, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Bengkalis,” ucapnya.



Sementara itu, mewakili Pjs Bupati Bengkalis, Andris mengatakan bahwa seperti yang disampaikan Sekretaris PUPR sebelumnya, hari kita melaksanakan konsultasi publik yang pertama, dimana dalam penyusunan RDTR Perkotaan Bengkalis ini salah satu dari banyaknya tahapan dalam proses penyusunan sebuah RDTR. selain sebagai  pemenuhan kelengkapan administrasi dan muatan teknis, diharapkan forum konsultasi publik ini dapat menjaring isu-isu strategis dalam wilayah perencanaan rdtr sehingga dapat diselesaikan dengan sistematis dan berkelanjutan.

Untuk itu kami mengharapkan, kepada peserta Sosialisasi, Perda RTRW serta semua RDTR yang telah maupun sedang dalam proses penyusunan dapat berguna untuk kita semua dalam penyelenggaraan penataan ruang di Kabupaten Bengkalis termasuk dalam pelaksanaan pembangunan agar kita dapat mematuhi aturan tata ruang dan terhindar dari hal-hal yang merupakan suatu pelanggaran tata ruang serta dengan ditetapkannya Perda RTRW Kabupaten Bengkalis tujuan penyelenggaraan penataan ruang dapat tercapai.



Turut hadir secara virtual Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Wilayah I Kementerian ATR/BPN RI, Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Riau. Dan secara langsung dihadiri Wakil Ketua III DPRD Bengkalis H. Misno, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Bapak Zulfan, Kabid PPIP Diskominfotik Bengkalis Hurriagustianri, Kabid DPMD Bengkalis Tarmizi, Dosen Teknik Sipil Politeknik Negeri Bengkalis Armada, dan Perwakilan Perangkat Daerah di Lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.


Berita Lainnya

Tulis Komentar