Minggu, 27 Oktober 2024 - 10:16:38 WIB - Dibaca : 114 Kali

Expo Kreativitas Santri Padati Lapangan Tugu Bengkalis

Pjs Bupati Bengkalis: Expo Kreativitas Santri Dorong Kemandirian Pondok Pesantren Secara Ekonomi

Editor: Nurhadi - Rep: Sumanto - Foto: Sumanto

BENGKALIS, PROKOPIM - Dalam rangka peringatan Hari Santri Tingkat Provinsi Riau Tahun 2024, sebelas Stand Expo Kreativitas Santri padati Lapangan Tugu Bengkalis, Minggu (27/10/24).

Beragam produk unggulan dipamerkan, mulai dari kerajinan tangan, kuliner, hingga pakaian dan aksesoris.  

Pelaksanaan expo kreatifitas santri tersebut dilaksanakan sempena memeriahkan peringatan Hari Santri Tahun 2024 Tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Bengkalis.

Pembukaan Expo Kreatifitas Santri dibuka secara resmi oleh Pjs Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Johansyah Safri yang ditandai dengan pemotongan pita didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Dr.H.Muliardi dan para pimpinan pondok pesantren se-provinsi Riau.

Dalam sambutannya Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Johansyah Safri  menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih karena Kabupaten Bengkalis telah ditunjuk sebagai tuan rumah perhelatan akbar Hari Santri Tahun 2024 Tingkat Provinsi Riau.

"Ini tentunya menjadi sebuah kebanggaan tersendiri untuk Kabupaten Bengkalis, dan Insya Allah, selaku tuan rumah kami pemerintah daerah beserta seluruh jajaran dan masyarakat, memiliki komitmen tinggi siap menyukseskan perhelatan akbar ini," terang Johan.

Lebih lanjut Johansyah juga menyampaikan bahwa salah satu rangkaian kegiatan Peringatan Hari Santri Tahun 2024 Tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Bengkalis, diisi dengan kegiatan Expo Kreativitas Santri.

"Kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis tentunya sangat mendukung kegiatan expo ini, selain sebagai salah satu kegiatan prioritas Kementerian Agama, kegiatan Expo ini juga dapat kita jadikan sebagai salah satu upaya untuk mempromosikan lembaga pesantren kepada masyarakat, sekaligus mengenalkan gagasan pembaharuan bagi pondok pesantren, yang tidak hanya bertugas untuk melestarikan khazanah keilmuan Islam saja, akan tetapi pondok pesantren juga mampu mandiri dalam sisi ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan pesantren dan masyarakat sekitarnya." Ujar Johan.

Bagi kami, sambungnya apa yang kita lakukan hari ini sangat luar biasa tentunya, karena melalui penyelenggaraan Expo Kreativitas Santri ini, diharapkan dapat menjadi wadah mempertemukan masyarakat dengan produk-produk yang telah dihasilkan oleh pondok pesantren, serta menjadi wadah untuk pondok pesantren membangun kolaborasi dengan berbagai pihak penggiat dan pelaku UMKM, agar kedepannya memiliki sumber daya ekonomi yang kuat khususnya dalam mendorong kemandirian pondok pesantren.

Maka dari itu, Staf Ahli Bupati Bengkalis mengajak seluruh santri pondok pesantren dan masyarakat Kabupaten Bengkalis untuk mensukseskan kegiatan Expo Kreativitas Santri tahun 2024 ini.

“Mudah-mudahan momentum ini menjadi salah satu ikhtiar kita bersama, terutama bagi pondok pesantren, dalam memajukan produk usaha dan kreativitas santrinya, Dan kami yakin, kegiatan Expo Kreativitas Santri ini pastinya memiliki nilai tambah yang sangat besar dan strategis bagi pondok pesantren, karena dari kegiatan ini akan terbangun basis ekonomi pesantren yang kokoh serta terwujudnya sumber daya manusia yang unggul, mandiri dan berdaya saing," tutupnya.

Usai pembukaan Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Johansyah Safri beserta rombongan mengunjungi satu persatu stand yang telah diisi dengan beragam kreativitas para santri Pondok Pesantren Se- Provinsi Riau ini.

Tampak Staf Ahli Bupati Bengkalis berinteraksi langsung dengan peserta expo, Beliau juga memberikan apresiasi atas kreativitas dan inovasi yang ditampilkan, serta mendorong mereka untuk terus mengembangkan potensi produk unggulan masing-masing pesantrennya.


Berita Lainnya

Tulis Komentar