Senin, 28 Oktober 2024 - 9:52:59 WIB - Dibaca : 177 Kali

Pjs Bupati Bengkalis Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 Tahun 2024

Editor: Indra - Rep: Maryam - Foto: Sumanto

BENGKALIS, PROKOPIM - Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-96 Tahun 2024 yang mengusung tema “Maju Bersama Indonesia Raya”, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Bengkalis Akhmad Sudirman Tavipiyono langsung menjadi inspektur upacara yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Bengkalis, Senin (28/10/2024).

Dengan mengenakan baju PSL warna hitam, Pjs Bupati Bengkalis Akhmad Sudirman Tavipiyono memasuki lapangan upacara, lalu menerima laporan dari Perwira Upacara Muhammad Apriali dari DKC Bengkalis bahwa upacara bendera segera dimulai. Lalu memerintahkan Perwira Upacara untuk segera melaksanakan upacara bendera tepat pada pukul 07.35 WIB dan menuju mimbar. 

Kala itu upacara bendera berlangsung khidmat,  diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, mengheningkan cipta, dilanjutkan pembacaan teks pancasila oleh  Pjs Bupati Bengkalis Akhmad Sudirman Tavipiyono, kemudian pembacaan naskah pembukaan Undang Undang Dasar 1945, menyanyikan lagu satu nusa satu bangsa dan bagimu negeri dan diakhiri penampilan dari Andam Dewi Marching Band.

Dalam sambutan Menpora yang dibacakan oleh Pjs Bupati, ia menyampaikan bahwa Momentum ini merupakan kesempatan bagi bangsa indonesia untuk memberikan perhatian yang lebih besar kepada agenda-agenda pengembangan kepemudaan sebagai bagian penting dalam pembangunan indonesia, baik dalam posisi pemuda sebagai subjek pembangunan maupun sebagai objek pembangunan. 

“Untuk itu kepada pemuda untuk lebih berperan dalam pembangunan nasional indonesia adalah tepat adanya, karena pada hakikatnya pemuda adalah pemilik masa depan. Hasil pencapaian ini dapat ditemukan dari capaian indeks pembangunan pemuda atau IPP,” harap Tavip.

Sebagai indikator kualitas kepemudaan pada tahun 2024 indeks pembangunan pemuda berada pada 56,33 persen, dengan rincian capaian domain pendidikan sebesar 70,00 persen, domain kesehatan dan kesejahteraan sebesar 65,00 persen, domain gender dan diskriminasi sebesar 53,33 persen. sementara itu domain lapangan dan kesempatan kerja sebesar 45,00 dan domain partisipasi dan kepemimpinan sebesar 43,33 persen, jelas Tavid.

Untuk itu marilah kita bersama membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pemuda Indonesia untuk berpartisipasi dalam seluruh dimensi pembangunan indonesia sesuai dengan kompetensi dan passion masing-masing. Marilah kita perbaiki kepedulian kita kepada pemuda indonesia melalui perbaikan pelayanan kepemudaan, perbaikan tata-kelola pelayanan kepemudaan, dan dukungan sumber daya hingga kondisi kepemudaan indonesia menjadi lebih baik yang tercermin dengan kenaikan indeks pembangunan pemuda, ajak Tavid.

Terlihat hadir pada upacara tersebut Dandim 0303/ Bengkalis Letkol Arh Irvan Nurdin, Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro, Sekretaris Daerah dr. Ersan Saputra. TH, Kepala PA Bengkalis Rahmatullah Ramadan, Ketua Kejaksaan Bengkalis diwakili Kasi Datun Kejaksaan Negeri Bengkalis Vegi Vernandes, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis  diwakili Yanto, Danposal POS Bengkalis Letda Laut (P) Arisman, Kepala OPD lingkup Kabupaten Bengkalis, Pejabat tinggi pratama dan pengawas lingkup Kab. Bengkalis, Ketua Baszas Bengkalis, Ismail.S.Sos Anggota DPRD Bengkalis, H. Zamzami.


Berita Lainnya

Tulis Komentar