Senin, 28 Oktober 2024 - 16:27:40 WIB - Dibaca : 56 Kali

Sempena Hari Sumpah Pemuda Ke-96, Pjs Bupati Menyerahkan Hadiah Kepada Pemenang Sayembara Menulis Cerpen

Editor: Indra - Rep: Wili Nur Kharisma - Foto: Muhammad Imam Lutfi
Teks foto: Pjs Bupati Bengkalis Akhmad Sudirman Tavipiyono Saat Menyerahkan Hadiah Kepada Pemenang Sayembara Menulis Cerpen.

BENGKALIS, PROKOPIM - Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Bengkalis Akhmad Sudirman Tavipiyono hadir dan menyerahkan hadiah kepada para pemenang Sayembara Menulis Cerpen sempena hari Sumpah Pemuda Ke-96 Tahun 2024 Tingkat SLTA/Se-derajat dan mahasiswa yang ditaja oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bengkalis, bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut, Senin (28/10/2024).

“Ucapan terima kasih serta apresiasi yang tinggi, kami berikan kepada Ketua beserta jajaran Pengurus MUI Kabupaten Bengkalis, bekerjasama dengan Komunitas Sedare Misliadi dan Bank Riau Kepri Syari’ah Bengkalis, yang telah berkonstribusi, melalui kerja keras, kerja cerdas dan kerja berkualitasnya, sehingga seluruh agenda sayembara menulis cerpen sempena hari Sumpah Pemuda Ke-96 Tahun 2024 Tingkat SLTA/Se-derajat dan mahasiswa se-Kabupaten Bengkalis dapat terlaksana dengan sukses, serta berjalan dengan lancar, sehingga dapat menghasilkan juara pada masing-masing tingkatan yang telah diperlombakan,”ungkap Tavip.

Tavip berharap, semoga kegiatan positif ini dapat terus berlanjut dan meningkat pada ditahun-tahun mendatang. Mengingat kegiatan seperti ini dapat kita jadikan sebagai media untuk menghidupkan kembali budaya menulis dikalangan pelajar dan mahasiswa, serta memberikan ruang bagi pelajar dan mahasiswa untuk terus berkarya, serta mampu menyalurkan hobi maupun mengekplorasi bakat dan kemampuannya dalam membuat sebuah tulisan.

“Teruslah berkarya, teruslah menulis, karena melalui tulisan-tulisanlah adik-adik pelajar dan mahasiswa dapat menuangkan segala ide dan imajinasi, serta mampu melatih keterampilan adik-adik semua dalam berpikir kritis, sembari menyalurkan perasaan, membangun empati, serta memahami dunia dari sudut pandang yang berbeda,” pesan Tavip.

Selain itu kata Tavip, ada tujuan lebih penting yang ingin kita capai kedepannya, yaitu adanya peningkatan minat generasi muda dalam menulis serta meningkatnya pengetahuan masyarakat akan pentingnya membuat karya tulis berstandar sebagai media edukasi dan pembelajaran yang memiliki makna dalam kehidupan.

“Melalui kesempatan ini harus bisa adik-adik manfaatkan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas adik-adik semua, agar nantinya adik-adik bisa menjadi penulis hebat, dengan karya tulisnya yang maha karya, sehingga mampu berpartisipasi dalam pembangunan bangsa, negara serta daerah di masa hadapan,” pungkasnya.

Menurut Ketua Panitia, Affan Zahidi, bahwa dari 74 judul cerpen yang masuk ke panitia tersebut, 50 judul kategori SLTA dan 24 kategori mahasiswa.

Sehingga setelah melalui proses penilaian dari Dewan Juri, maka berdasarkan Surat Keputusan Panitia Sayembara Menulis Cerpen Sempena Hari Sumpah Pemuda Ke 96 Tahun 2024 Nomor : 019/PAN-SMC/X/2024 M/1446 H tentang Pemenang sebagai berikut, Kategori SLTA/Sederajat Juara I Syakira Fathia Jonemid, asal SMAN 9 Mandau, judul Cerpen 'Jejak Sejarah Hentakan Zapin'. Juara II Syafitra Nuriel Chantika asal SMAN 1 Bengkalis judul cerpen 'Mahkota Sang Cahaya'. Dan Juara III Aprina Maulani asal MAN 1 Plus Keterampilan Bengkalis, judul cerpen 'Tanjak Elang Menyongsong Angin'.

Kemudian Harapan  I  Choirunnisa asal SMAN 3 Mandau, Judul cerpen 'Peta Terakhir Kakek'. Harapan II Dinni Nurina Putri asal MAN 1 Plus Keterampilan Bengkalis judul cerpen 'Dua Tujuh Lampu Colokku'

Selain itu untuk Kategori Mahasiswa Juara I Izatul Fateha asal Politeknik Negeri Bengkalis judul cerpen 'Lokan dan Luka'. Juara II Surya Maulana asal STAIN Bengkalis judul cerpen 'Secercah Cahaya di Penghujung Ramadhan'. Juara III Anisah Rahmah Handani asal Universitas Riau judul cerpen 'Ibu-ibu Rebana, Kata Mereka'.

Sedangkan Harapan I Muhammad Hafish asal STAIN Bengkalis judul cerpen 'Merajut Asa'. Harapan II Mohd Khoirul Azizi asal STAIN Bengkalis judul cerpen 'Gema Indonesia'

Kepada pemenang lomba menerima hadiah berupa sertifikat, tropi dan uang tunai pada puncak peringatan hari Sumpah Pemuda ke-96 Tahun 2024. Sedangkan bagi para peserta yang belum beruntung menjadi juara, pihak panita telah menyiapkan e-Sertifikat yang nantinya akan dikirim ke seluruh peserta melalui e-mail ataupun WhatsApp.

Kemudian, terhadap seluruh naskah cerpen yang masuk berjumlah 74 judul dari dua kategori, dan sudah dilakukan kurasi tersebut, dewan juri juga telah menetapkan sebanyak 20 judul naskah cerpen terbaik untuk diterbitkan menjadi buku. Dan saat ini 20 naskah itu sedang proses editing oleh dewan juri.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Anggota DPRD Provinsi Riau Misliadi, Anggota Forkopimda Kabupaten Bengkalis, Staf Ahli Bupati Johansyah Safri, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas Serta Fungsional di Lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Kakankemenag Kabupaten Bengkalis H Khaidir, Pimpinan Bank Riau Kepri Syari’ah Bengkalis, Ketua MUI Kabupaten Bengkalis Amrizal, Ketua PWI Putra, Kepala Sekolah SMA, MA, dan SMK Se-Kabupaten Bengkalis.


Berita Lainnya

Tulis Komentar