Rabu, 09 Juli 2025 - 11:48:39 WIB - Dibaca : 68 Kali
Buka Peningkatan Penyelenggaraan Pelayanan Publik dan Pelayanan Mandiri, Bupati Sampaikan 6 Poin Penting
Editor: Indra - Rep: Maryam - Foto: Sumanto
BENGKALIS, PROKOPIM - Bupati Kasmarni diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Johansyah Syafri membuka acara peningkatan penyelenggaraan pelayanan publik dan penilaian mandiri organisasi penyelenggaraan pelayanan di lingkungan pemerintah Kabupaten Bengkalis, Rabu (9/07/2025) bertempat di Ruang Hangtuah Lantai 2 Kantor Bupati Bengkalis.
Bupati Bengkalis dalam sambutan tertulis dibacakan Johansyah Syafri menegaskan dalam penyusunan, penetapan, dan penerapan standar pelayanan publik, benar-benar harus memperhatikan emam prinsip.

Pemerintah Kabupaten Bengkalis, memiliki komitmen besar untuk mendukung serta mewujudkan Asta Cita Presiden RI, terutama dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, melalui penguatan tata kelola pelayanan publik yang berkualitas dan inklusif dan memperkuat budaya pelayanan yang berorientasi pada kepentingan publik.
Kepada perangkat daerah dan aparatur Pemerintah Kabupaten Bengkalis, segera untuk memperhatikan prinsip pelayanan, yang pertama sederhana, standar pelayanan itu harus mudah dimengerti, mudah diikuti, mudah dilaksanakan, mudah diukur, dengan prosedur yang jelas dan biaya terjangkau bagi masyarakat maupun penyelenggara.
.jpg)
Kedua partisipatif, dalam penyusunan standar pelayanan harus melibatkan masyarakat dan pihak terkait guna mendapatkan keselarasan atas dasar komitmen atau hasil kesepakatan.
Ketiga akuntabel, dalam standar pelayanan harus dapat dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan kepada pihak yang berkepentingan.

Keempat berkelanjutan, standar pelayanan harus dilakukan perbaikan secara berkelanjutan, sebagai upaya peningkatan kualitas dan inovasi pelayanan.
Kelima transparansi, standar pelayanan harus dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat.
Dan yang keenam keadilan, standar pelayanan harus menjamin bahwa pelayanan yang diberikan dapat menjangkau semua masyarakat yang berbeda status ekonomi, jarak lokasi geografis, dan perbedaan kapabilitas fisik dan mental.

"Dengan diselenggarakannya kegiatan peningkatan penyelenggaraan pelayanan publik dan penilaian mandiri OPP ini, sebagai salah satu upaya berkelanjutan kita semua untuk senantiasa memberikan pelayanan yang berkualitas, mudah, cepat, terjangkau, dan setara kepada masyarakat," ujarnya.
Selain itu kegiatan ini dapat dilakukan dengan kinerja dan sistem manajemen aparatur yang bersinergis, agar penyelenggara pelayanan dapat memperoleh informasi yang lebih lengkap dan komprehensif nantinya atas kinerja penyelenggaraan yang telah diselenggarakan oleh perangkat daerah pelaksana pelayanan publiknya, harap Johan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Riau Bambang Pratama, Kadis Kominfotik Suwarto, Kalaksa BPBD Supandi, Sekretaris Dishub Hamidi, Sekretaris Dinas Perkim Jumiharto, Kabag Ortal Yoan Dema serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah serta seluruh staf perwakilan dari masing-masing Perangkat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Berita Lainnya
Penanaman Jagung Serentak Kuartal III, Wujud Kolaborasi Polres Bengkalis dan Pemkab Dukung Swasembada Pangan
Bupati Ikuti Rakor Lintas Sektoral Operasi Patuh Lancang Kuning 2025
Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Lancang Kuning 2025 Komitmen Bersama Wujudkan Kamseltibcarlantas di Bengkalis
Ketua TP PKK Bengkalis Hadiri Rakernas X PKK dan HKG ke 53 Tahun 2025
Tulis Komentar