Selasa, 02 Oktober 2018 - 9:46:16 WIB - Dibaca : 1002 Kali

Kwarcab Bengkalis Akan Laksanakan Dua Kegiatan

Editor: Muhamamad Fadhli - Rep: Sudiyo - Foto: Sudiyo
Teks foto: Suasana saat rapat di Aula Kantor Cabang Gerakan Pramuka Bengkalis.

BENGKALIS, HUMAS – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka 0404 Bengkalis, Senin (1/10) malam, melaksanakan dua rapat, bertempat di Aula Kantor Cabang Gerakan  Pramuka Bengkalis.

Adapun kedua rapat tersebut membahas mengenai persiapan Kemah Tunas Karya (KTK) III tahun 2018 dan persiapan Raimuna Daerah Riau tahun 2018.

Rapat tersebut dihadiri Kepala Pusat Diklat Bengkalis Gerakan Pramuka Kwarda Riau Kak Riza Fahlevi, Sekretaris Kwarcab Bengkalis Jamhur, Wakil Ketua Bidang Keuangan Darmawi, Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat  dan Pramuka Peduli H. Muhammad Fadhli, serta pengurus Dewan Kerja Cabang Kwarcab Bengkalis.

Awalnya, peserta rapat membahas mengenai KTK III yang akan dilangsungkan di Bumi Perkemahan Pawang Perkasa pada tanggal 2 hingga 4 November 2018, dan diikuti oleh Penggalang se-Kwarcab Bengkalis.

Perkemahan akbar yang diikuti anggota pramuka yang berpendidikan SMP/MTS sederajat itu juga akan dilaksanakan kegiatan lomba dan nonlomba.

Untuk kegiatan lomba diantaranya lomba penjelajahan, pentas seni, perkemahan, dan lomba foto dan video dengan objek kegiatan KTK III tahun 2018.

Sementara itu,untuk kegiatan nonlomba akan dilaksanakan kegiatan pendalaman teknik kepramukaan bagi pramuka penggalang, malam api unggun, outbond, bakti buper dan pembuatan kebun TOGA, sosialisasn PP pramuka garuda, serta implementasi sistem aktualisasi pada pelaksanaan pendidikan kepramukaan dalam kurikulum 2013.

Setelah pembahasan mengenai persiapan KTK III 2018 selesai, mereka membahas mengenai utusan Kwarcab Bengkalis yang akan mengikuti, Raimuna Daerah Riau tahun 2018 di Kota Dumai pada tanggal 27 Oktober sampai dengan 1 November 2018.

Pada Raimuna Daerah Riau tersebut, Kwarcab Bengkalis akan mengutus sebanyak 4 umpi putra dan 4 umpi putri, dimana dakam 1 umpi tersebut terdiri dari 8 anggota.

4 umpi tersebut, Kwarcab Bengkalis akan mengikut sertakan dari masing-masing perwakilan kwartir ranting se-Kwarcab Bengkalis sebanyak 4 orang putra dan 4 orang putri.

Dalam arahannya, Reza Fahlevi mengatakan agar seluruh pengurus cabang dapat melaksanakan seluruh kegiatan dengan baik, untuk itu persiapan harus dilaksanakan jauh-jauh hari sebelum hari pelaksanaan.

“Kami berharap setelah ini, seluruh anggota sudah mulai melaksanakan apa yang harus dikerjakan dan dipersiapkan mulai pengajuan anggaran dan rapat internal masing- masing seksi. Semua ini bertujuan untuk mensukseskan acara perkemahan yang rutin dilaksanakan setahun sekali," ujarnya.

Sementara itu Wakabid Pengabdian Masyarakat  dan Pramuka Peduli H. Muhammad Fadhli, juga memberikan saran dan masukan karena sekarang musim penghujan jika nantinya terjadi hujan lebat dan mengakibatkan banjir harus disiapkan lokasi dan tempat evakuasi sehingga peserta perkemahan bisa dipindahkan ke tampat yang aman.

“Kami juga menyarankan untuk kedepannya akan segera dibentuk Satgas Pramuka Peduli, dimana Anggota Pramuka dari Golongan Penegak dan Pandega nantinya akan dibekali pelatihan tanggap darurat terhadap bencana maupun kebakaran dari Dinas Pemadan Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan SAR Bengkalis,” ujar Fadhli..


Berita Lainnya

Tulis Komentar