Sabtu, 20 April 2019 - 23:28:17 WIB - Dibaca : 905 Kali

Berbagai Perlombaan Semarakan Peringatan Hari Kartini Ke-140

Editor: Tim Humas - Rep: Bambang Riyanto - Foto: Muhammad Iqbal
Teks foto: Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bengkalis Melaksanakan Kegiatan Hari Kartini Ke 140 di Wisma Daerah Sri Mahkota Bengkalis, Sabtu (20/4)
BENGKALIS, HUMAS - Menyemarakan Hari Kartini yang ke 140, Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bengkalis melaksanakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan di Balai Kerapatan Adat Wisma Daerah Sri Mahkota Bengkalis, Sabtu (20/4).
Dalam Sambutan Wakil Ketua IV TP-PKK Kabupaten Bengkalis, Yuhelmi mengatakan bahwa peringatan Hari Kartini tahun 2019 mengangakat tema ''Dengan peringatan Hari Kartini kita perkuat advokasi dan aksi nyata untuk peningkatan kualitas hidup perempuan di lingkungan keluarga dan masyarakat''.
 
''Ini sebagai harapan agar kaum perempuan bisa memaknai jasa yang telah diberikan oleh RA Kartini, guna meningkatkan kualitas hidup keluarga maupun masyarakat khususnya kaum perempuan,'' kata Yuhelmi.
 
Kemudian tambahnya lagi, sebagaimana kita ketahui di masa penjajahan Belanda, perempuan hidupnya seperti dipenjara. Tidak hanya badan tapi juga pikiran bahkan kehidupan perempuan diatur. Perempuan tidak boleh memiliki cita-cita, perempuan hanya boleh dirumah saja untuk mengurusi keluarga.
''Namun, RA Kartini melahirkan emansipasi wanita. Dimana kedudukan wanita dan lelaki setara dalam berbagai hal, tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang perempuan'', terang Yuhelmi.
 
Bahkan sampai saat ini wanita memiliki peran yang dominan. Tidak hanya di lingkungan keluarga, masyarakat bahkan Pemerintahan. Hal ini terbukti dengan banyaknya kaum wanita yang ikut berpartisipasi di bidang Pemerintahan.
 
''Lihat saja, pada bidang politik perempuan Indonesia banyak yang duduk di Legislatif. Ini membuktikan bahwa semangat Kartini masih tetap ada sampai saat ini,'' ungkap Yuhelmi.
Sementara Sekretaris TP-PKK Kabupaten Bengkalis dalam laporannya menyampaikan bahwa peringatan hari kartini ini menggelar berbagai perlombaan. Mulai dari lomba masak, tata rias, puisi, rebana serta lomba cerdas cermat kader posyandu. Dengan mendatangkan 3 Dewan Juri dari Provinsi Riau dan Kabupaten Bengkalis.
 
''Lomba yang kita selenggarakan hari ini sebagai bentuk mengenang sekaligus menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia sekaligus mengenalkan sosok dan tidak mengenalkan RA Kartini," pungkas Yuni.

Berita Lainnya

Tulis Komentar