Kamis, 25 Juli 2019 - 12:48:36 WIB - Dibaca : 691 Kali

Bupati Buka LCM B2SA tingkat Kabupaten Bengkalis

Editor: Yeni Mayasari - Rep: Sifawati dan Halimatussa'diah - Foto: Beby Candra

BENGKALIS, HUMAS - Bupati Bengkalis diwakili Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis Hj. Umi Kalsum menghadiri sekaligus membuka acara Lomba Cipta Menu (LCM) Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2019 di halaman Kantor Ketahanan Pangan Kamis, (25/7/19) pagi.

Acara ini digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesehahteraan dan Keluarga (PKK) Kabupaten Bengkalis sempena Hari Jadi ke-507 Bengkalis dengan mendatangkan chef dari Provinsi Riau Rudi Saini, TP PKK Provinsi Riau Martini, Ketahanan Pangan Provinsi Riau Fitri Yeni dan diikuti 11 TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis.

Dikatakan Umi untuk mengikuti serangkain lomba Cipta Menu B2SA tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2019 dengan mengusung tema "Festival Pangan Lokal" mengingat beratnya pangan lokal kita yang bersaing dengan terigu dan gandum dan semakin besarnya gempuran promosi produk pangan import sehingga produk pangan lokal kita makin tersudut dan kurang berkembang.

"Kelemahan produk pangan lokal kita seperti tampilan yang kurang menarik, cita rasa yang itu-itu saja serta terbatasnya bahan baku dan harga yang tinggi," ungkap Umi.

Lebih lanjut Umi menyampaikan, untuk merubah mindset masyarakat dalam membenahi pola konsumsi pangan salah satunya adalah dengan mengadakan lomba cipta menu atau festival pangan lokal B2SA dengan mengembangan pengolahan pangan lokal berbasis industri rumah tangga.

"Seluruh peserta agar mengerahkan kemampuan dan kreatifitas terbaik yang dimiliki, begitupun dengan dewan juri semoga dapat menilai dan membuat keputusan dengan adil dan bijaksana," kata Umi.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua III TP PKK Kabupaten Bengkalis Hj Akna Juita, bahwa festival pangan lokal B2SA dilaksanakan guna memperkenalkan pentingnya bahan pangan lokal yang tersedia ditempat sebagai makanan sehari-hari.

Karena melihat perkembangan masyarakat yang kian meningkat, kebutuhan akan ketersediaan makanan yang cukup, aman, bergizi dan berkualitas semakin menjadi tuntutan. Oleh karena itu peningkatan ketahanan harus dilakukan rutin.

"Kami harapkan kegiatan ini menjadi akses kepada masyarakat untuk lebih mengosumsi makanan yang berbasis B2SA," kata Akna.

Turut hadir pada acara tersebut Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan politik Halolongan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Syafrizan, Paur Humas Polres Bengkalis Iptu Kusnandar Subekti, Bhayangkari Kabupaten Bengkalis serta Perangkat Daerah Kabupaten Bengkalis.


Berita Lainnya

Tulis Komentar