Rabu, 09 Oktober 2019 - 16:56:37 WIB - Dibaca : 778 Kali

Bupati Bengkalis Buka Pencanangan BBGRM Ke-16 Tingkat Kabupaten Bengkalis

Editor: Tim Humas - Rep: Tim Humas - Foto: Tim Humas
Teks foto: Bupati Bengkalis Amril Mukminin Saat Pemukulan Gong Pada Pembukaan Pencanangan BBGRM Ke-16 Tingkat Kabupaten Bengkalis Tahun 2019, di Desa Tanjung Belit Kecamatan Siak Kecil, Rabu (9/10/19).

SIAK KECIL, HUMAS - Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-16 tingkat Kabupaten Bengkalis sebagai upaya menggali potensi produk unggulan desa menjadi kebangsaan bangsa. Demikian disampaikan Bupati Bengkalis Amril Mukminin saat menyampaikan sambutannya pada pembukaan Pencanangan BBGRM ke-16 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2019, di Desa Tanjung Belit Kecamatan Siak Kecil, Rabu (9/10/19).

Masih kata Amril Mukminin, nilai gotong royong tumbuh dan berkembang merupakan bagian dari nilai budaya bangsa yang perlu dilestarikan guna membangun Daerah dan Desa. Dengan cara mengedepankan serta melakukan musyawarah dalam mengambil keputusan dan bergotong royong dalam bekerja.

“Sesuai tema BBGRM yakni melalui BBGRM, Lanjutkan Pembangunan Dengan Menggali Potensi, Produk Unggulan Desa Menjadi Kebanggan Bangsa, kami harap bisa menumbuhkan potensi dan inovasi-inovasi desa supaya dapat terus digali dan dikembangkan,” kata Kepala Daerah Bengkalis.

Kemudian kata Kepala Daerah, BBGRM juga sebagai motivasi untuk bersinergi dalam pengelolaan dan pemanfaatan potensi yang ada secara optimal, agar seluruh kearifan lokal dan produk unggulan desa yang dapat dijadikan sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Desa.

“Kepada seluruh Perangkat Daerah dan Camat se-Kabupaten Bengkalis agar melakukan pembinaan, pemberdayaan dan pendayagunaan terhadap tiga pilar dalam Pemerintahan Desa, yaitu Lembaga Pemerintahan Desa, Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa, sehingga cita-cita desa membangun dapat terwujud,” tegas Amril.

Pendekatan desa membangun lanjut Bupati Bengkalis, hendaknya terintegrasi dalam perencanaan pembangunan desa, agar dalam menyusun perencanaan tingkat desa harus tetap mengacu kepada RPJMD Kabupaten Bengkalis, visi dan misinya serta berpedoman kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan desa, sehingga akhirnya seluruh perencanaan usulan kegiatan Pemerintahan Desa dapat terakumulasi dalam musyawarah pembangunan di tingkat kecamatan.

"Bupati boleh berganti, DPRD boleh berganti, perangkat daerah boleh berganti, namun pembangunan daerah jangan sampai terhenti," kata Amril diakhir sambutannya.

Sebagai informasi pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba gotong royong masyarakat tingkat Kabupaten Bengkalis.

Juara pertama diraih oleh Desa Tanjung Belit Desa Siak Kecil, juara kedua Desa Damai Kecamatan Bengkalis dan juara ketiga diraih oleh Desa Berancah Kecamatan Bantan.

Turut hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Riau Syarifuddin, Anggota DPRD Bengkalis Rahmah Yeni, Asisten Tata Pemerintahan Setda Bengkalis Hj Umi Kalsum, Plt Asisten Administrasi Umum Setda Bengkalis Maryansyah Oemar, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Bengkalis Haholongan, Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril, Ketua DWP Kabupaten Bengkalis Hj. Akna Juita Bustami, Camat Siak Kecil Fadlul Wajdi, Kapolsek Siak Kecil Iptu Sunaryo, Dandramil Siak Kecil Tarman, Kepala Perangkat Daerah di Lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Camat se-Kabupaten Bengkalis, Kepala Desa dan masyarakat Desa Siak Kecil, serta tokoh masyarakat di Kabupaten Bengkalis.


Berita Lainnya

Tulis Komentar