Selasa, 24 Desember 2019 - 13:49:34 WIB - Dibaca : 484 Kali

Bupati Bengkalis Letak Batu Pertama Pembanguan Masjid Al-Ilham Desa Pakning Asal

Editor: Nurhadi - Rep: Sumanto - Foto: Sumanto
Teks foto: Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Heri Indra Putra Saat Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Al-Ilham Desa Pakning Asal Kecamatan Bukit Batu, Selasa (24/12/2019).

BUKIT BATU, HUMAS - Bupati Bengkalis diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Heri Indra Putra menghadiri acara Pemasangan Batu Pertama Pembangunan Masjid Al-Ilham Desa Pakning Asal Kecamatan Bukit Batu, Selasa (24/12/2019) pagi.

Dalam sambutannya Heri menyampaikan keberadaan masjid sebagai tempat ibadah umat Islam, memiliki peran strategis dalam pertumbuhan peradaban umat Islam. Masjid merupakan sebaik-baik tempat di muka bumi ini dan diantara ibadah yang sangat agung kepada Allah subhanahu waa ta’alaa, adalah memakmurkan masjid Allah, dengan cara mengisinya. Masjid juga berperan sebagai pusat pendidikan dan penyebaran syiar Islam, menjadi pusat pemberdayaan kehidupan ekonomi dan politik masyarakat. 

"Kami berharap masjid yang akan kita bangun ini, nantinya dapat dijadikan sebagai pusat kegiatan masyarakat. Karena dari masjid kita bisa mengembangkan berbagai kegiatan yang dapat mengarah pada terwujudnya masyarakat madani, yakni masyarakat yang dituntun oleh wahyu Ilahi dan bergerak dinamis sebagai masyarakat yang saling bahu-membahu, tolong-menolong, dan bekerja sama dalam membangun kesejahteraan masyarakat Islam," Ucap Heri. 

Lebih lanjut beliau menyampaikan, semangat masyarakat madani inilah yang kita harapkan selalu mengiringi kita dalam upaya memakmurkan masjid-masjid di wilayah kita, termasuk di Kecamatan Bukit Batu ini khususnya. 

Dalam pengelolaan masjid sambung Heri, ada empat prinsip dasar yang perlu diperhatikan dan dipedomani pertama, membina dan memelihara masjid sesuai dengan tuntunan dan ajaran Islam. Kedua, memelihara dan mempertahankan kehormatan masjid sebagai lambang kesatuan umat. Ketiga, membina dan memelihara silaturahmi sesama jamaah masjid dan masyarakat sekitarnya. Keempat, mengoptimalkan fungsi masjid sebagai pusat dakwah dan syiar islam yang menimbulkan simpati, kedamaian dan ketenteraman bagi lingkungan sekitarnya.

"Penting untuk kita pahami bersama, masjid memiliki potensi-potensi umat yang besar, dan jika hal itu bisa digerakkan secara optimal, maka kami yakin selain akan menghasilkan peningkatan bagi kesejahteraan umat, juga  akan dapat melahirkan generasi santri-santri, calon-calon pemimpin umat dan Bangsa, yang mampu memberikan warna dan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil ‘alamin, " Kata Heri. 

Kemudian Heri juga menyampaikan bahwa kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis tentunya sangat mendukung dengan dibangunnya masjid Al-Ilham ini, mengingat kegiatan keagamaan di Negeri Junjungan ini. Menjadi  salah satu dari tujuh prioritas pembangunan Daerah sebagai penjabaran dari visi dan misi Kabupaten Bengkalis 2016-2021, yakni pengembangan budaya dan Agama.

Tampak hadir pada acara tersebut, Camat Bukit Batu H. Mulyadi, Penceramah Ustadz Sofwan Muhajir, Ketua Majlis Pengurus Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Bengkalis Asep Setiawan, Kepala Desa Pakning Asal Jaswir, Pengurus Masjid Al-Ilham Sopyan, Ketua Panitia acara Peletakan Batu Partama Masjid Al-Ilham Desa Pakning Asal Sudarta serta para undangan dan jamaah Masjid Al-Ilham.


Berita Lainnya

Tulis Komentar