Selasa, 15 Maret 2022 - 12:47:14 WIB - Dibaca : 555 Kali

Bupati Kasmarni Buka Lomba Sampan Layar Desa Ketam Putih

Editor: Indra - Rep: Sabariah - Foto: Muhammad Imam Lutfi

KETAMPUTIH, PROKOPIM - Kabupaten Bengkalis termasuk daerah maritim, memiliki banyak dan beragam potensi yang bisa kita kembangkan. Salah satunya adalah kepiawaian masyarakat pesisir memanfaatkan potensi laut maupun selat dan sungai, sebagai mata pencaharian kehidupan dan sebagai sarana olahraga serta sarana menarik kunjungan wisata bahari di daerah ini.

Ungkapan tersebut disampaikan Bupati Bengkalis Kasmarni saat membuka acara Lomba Sampan Layar Desa Ketam Putih, Selasa (15/03/2022) pagi.

Pembukaan festival yang diikuti puluhan nelayan dengan layar terkembang saling beradu cepat di laut tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirinai oleh Bupati didampingi oleh Polres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia Hermanto, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra, Sekcam Bengkalis Rafli Kurniawan, Kepala Desa Ketamputih Suhaimi. 

Bupati Bengkalis Kasmarni mengatakan, festival perahu layar merupakan tradisi yang unik yang dilakukan oleh nelayan Ketamputih.

Tradisi ini sudah rutin digelar tiap tahun oleh nelayan disana. Khususnya saat tiba musim angin timur (angin kencang), nelayan istirahat sejenak untuk menggelar lomba semacam ini, ujar Kasmarni.

"Lomba sampan layar kini tidak hanya tradisi tapi sudah menjadi atraksi yang menarik bagi masyarakat dan menjadi destinasi baru bagi wisatawan," 

Kemudian Lanjut Kasmarni, lomba ini juga bisa menjadi ajang hiburan dan refreshing buat nelayan. Karena selama ini mereka hanya sibuk melaut. "Disini mereka akan saling bertemu dan bergembira dalam sebuah lomba danpan layar," ungkapnya.

Lomba sampan layar ini diikuti 24 peserta yang berasal dari nelayan Ketamputih, Meranti, Siak. Semua peserta dalam event ini tampak antusias dan semangat. Mereka bahkan mengecat perahunya dengan beragam ornamen menarik. Bagi para nelayan ini, festival ini merupakan pesta. Karena mereka bisa bersenang-senang. 

Terakhir Kasmarni menghimbau kepada kepada seluruh peserta lomba sampan layar Desa Ketam Putih agar senantiasa menumbuhkan bahkan memelihara rasa kebersamaan, sportivitas, menjunjung tinggi fair play, memperkokoh persatuan dan kesatuan.

Sportivitas dalam artian, bisa menghargai dan mengakui keunggulan lawan, juga menyadari dan menerima kekalahan dalam perlombaan. dan yang tak kalah pentingnya, taati seluruh ketentuan dan peraturan perlombaan yang telah disepakati dan ditetapkan bersama.


Berita Lainnya

Tulis Komentar