Sabtu, 13 Mei 2023 - 11:52:00 WIB - Dibaca : 230 Kali

Buka FGD PKK, Wakil Bupati Harap Kader PKK Memperkuat Perannya Dalam Membangun Karakter Kebangsaan di Masyarakat

Editor: Indra - Rep: Nuratika - Foto: Syariah
Teks foto: Foto Bersama Pada Pembukaan FGD Bagi Anggota PKK Kabupaten Bengkalis Tahun 2023.

PEKANBARU, PROKOPIM - Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso tekankan kepada Kader PKK harus mampu membangun karakter kebangsaan yang kuat bagi masyarakat. Karena kekuatan kebangsaan negara kita sangat ditentukan kekuatan kebangsaan yang dibangun dari ribuan keluarga di seluruh nusantara.

"Jika keluarga merupakan bagian dari satuan masyarakat terkecil gagal membangun karakter kebangsaannya, maka degradasi pengamalan nilai-nilai pancasila akan terus merosot, yang pada akhirnya akan mengancam keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara," jelas H Bagus Santoso dalam sambutannya saat mewakili Bupati Bengkalis pada pembukaan Focus Group Discusion (FGD) Bagi Anggota PKK Kabupaten Bengkalis Tahun 2023, Sabtu (13/5/2023) di Hotel Arya Duta Pekanbaru.

Makanya lanjut H Bagus, FGD yang dilaksanakan ini merupakan momentum yang tepat bagi kader PKK yang posisinya paling dekat dengan masyarakat untuk memperkuat perannya guna menghadapi tantangan-tantangan terhadap berbagai persoalan kebangsaan yang mengalami kemerosotan rasa, paham dan semangat kebangsaan.

"Melalui peran strategis PKK inilah diharapkan dapat menunjang keberhasilan tugas pokok pemerintahan, seperti tegaknya hukum dan ketertiban, terwujudnya kesejahteran dan kemakmuran, terselenggaranya pertahanan dan keamanan, terwujudnya keadilan hukum dan keadilan sosial, serta terdapatnya kesempatan rakyat untuk mengaktualisasi diri," kata H Bagus.

Selain itu imbuhnya, PKK dituntut untuk selalu kompak dalam memelihara persatuan dan kesatuan guna mengantisipasi dan mencegah terjadinya ekses-ekses negatif yang dapat mengganggu kerukunan bangsa, agar tidak mudah meleleh karena sengatan panasnya politik dan ekonomi, atau menjadi lapuk karena terpaan badai moral dan budaya yang bertentangan dengan nilai-nilai luhur pancasila.

Sementara Plt. Kepala Kesbangpol Bengkalis Andris Wasono selaku ketua pelaksana kegiatan dalam laporannya menyampaikan kegiatan FGD yang dilaksanakan ini diikuti oleh 34 orang peserta dengan tujuan mematuhi peran anggota PKK dalam mengaplikasi tentang pentingnya wawasan kebangsaan dan karakter bangsa guna mewujudkan keluarga sejahtera.

Kemudian Wakil Ketua II TP-PKK Bengkalis, Yuhelmi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Kesbangpol Kabupaten Bengkalis yang telah mencanangkan FGD bagi TP PKK Kabupaten Bengkalis  dalam mewujudkan negeri bermarwah, maju dan sejahtera melalui tupoksi PKK mewujudkan keluarga yang berwawasan kebangsaan.

Turut hadir Kabid Ideologi dan wawasan Kebangsaan Kesbangpol Riau, Sri Petri Haryanti, Ketua Pokja I PKK Provinsi Riau, Syaifullah, Staf Ahli Bupati Bidang SDM Bengkalis, Johansyah Syafri, Kadis PMD Bengkalis, Ismail, Plt Ketahanan Pangan Bengkalis, Susi Hartati dan seluruh peserta FGD PKK Kabupaten Bengkalis.


Berita Lainnya

Tulis Komentar