Senin, 20 November 2023 - 10:49:31 WIB - Dibaca : 442 Kali

Peringati Hari Kesehatan Nasional Ke-59 Tahun 2023, Bupati Bengkalis Ajak Tegakkan Enam Pilar Transformasi

Editor: Nurhadi - Rep: Muhammad Iqbal - Foto: Muhammad Iqbal
Teks foto: Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kemasyarakatan Johansyah Safri Saat Menjadi Inspektur Upacara Hari Kesehatan Nasional Ke-59 Tahun 2023 di Kabupaten Bengkalis.

BENGKALIS, PROKOPIM – Hari Kesehatan Nasional Ke-59 Tahun 2023 di Kabupaten Bengkalis diperingati dengan Apel Kerja Gabungan Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar, bertempat di Halaman Kantor Bupati Bengkalis, Senin (20/11/2023).

Bertindak selaku pembina apel, Bupati Bengkalis melalui Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kemasyarakatan Johansyah Safri.



Bupati Bengkalis dalam amanatnya membacakan sambutan tertulis Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan pasca disahkannya UU Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan. Dimana, pemerintah kini sedang menyusun Rencana Induk Bidang Kesehatan (RIBK) yang akan berfungsi sebagai haluan bersama dalam upaya pembangunan kesehatan di seluruh Indonesia.

“Pesan saya, RIBK harus dipacu oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam merencanakan, menganggarkan dan mengimplementasikan program kesehatan di wilayahnya,” ucapnya.



Pemerintah pusat lanjut Johansyah tidak mampu melakukanya sendiri, hanya dengan sinergi yang kuat dan kolaborasi yang erat antara pemerintah pusat, daerah dan seluruh elemen masyarakat maka enam pilar transformasi kesehatan bisa ditegakkan untuk perubahan yang lebih baik.

"Pilar pertama, transformasi layanan primer, dari fokus mengobati menjadi mencegah, kedua transformasi layanan rujukan dari akses layanan kesehatan susah menjadi mudah, ketiga transformasi sistem ketahanan kesehatan, keempat transformasi pembiayaan kesehatan, kelima transformasi SDM Kesehatan dan pilar ke enam transformasi teknologi kesehatan,” tambahnya.



Apel gabungan ini diikuti pejabat eselon II,III,IV, pejabat fungsional dan karyawan/karyawati Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Tampak Hadir Kepala Dinas Koperasi dan UMKM dr.Herliawan, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Ermanto dan peserta apel lainnya.


Berita Lainnya

Tulis Komentar