Rabu, 27 Maret 2024 - 14:22:14 WIB - Dibaca : 283 Kali

Plh Sekda Bengkalis Ikuti Rakor Penguatan Sinergi Antara KPK RI, Kemendagri dan BPKP

Editor: Indra - Rep: Syariah - Foto: Asih Ismayuni

BENGKALIS, PROKOIM - Bupati Bengkalis diwakili Plh Sekretaris Daerah Andris Wasono, mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dan penguatan sinergi antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Kemendagri dan BPKP serta pemerintah daerah di Ruang Rapat Hang Jebat secara daring, Rabu 27 Maret 2024.

Adapun tujuan Rakornas ini dilakukan KPK untuk memperkuat integritas pemerintah untuk menjauhi perilaku koruptif dan menjalankan budaya anti korupsi.

Dijelaskan Andris, pemerintah daerah Kabupaten Bengkalis, sangat komit dalam pencegahan korupsi dengan memperkuat sinergisitas antara inspektorat bersama aparat penegak hukum dan instansi lainnya yang mampu mendorong komitmen tinggi dalam pencegahan korupsi.

"Indikator Monitoring Center For Prevention (MCP) 2024 yang telah dikucurkan KPK menjadi faktor pendukung memetakan titik rawan korupsi percepatan pencegahan korupsi di pemerintah daerah termasuk di Kabupaten Bengkalis" kata Andris.

Oleh karenanya lanjut Plh Sekda, melalui kegiatan Rakornas ini kami berharap KPK dapat memperkuat serta memberikan dukungan kepada kami untuk pencegahan korupsi.

Sementara itu, Perwakilan Dirjen Kemendagri Dwi Handoyo mengatakan berdasarkan data KPK sejak berdiri di tahun 2004 tingkat Korupsi pada Pemda harus dikendalikan, fakta pentingnya sinergi semua pihak dalam upaya pencegahan korupsi yang masif memerlukan esensi menciptakan pemerintahan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Semakin kecil terjadi tindak korupsi maka semakin tinggi tingkat kesejahteraan. Melalui operasional di lapangan kita menghimbau dan meningkatkan transparansi untuk anggaran daerah jauh lebih baik. Kepatuhan Pemda harus terus ditekankan. Pada area intervensi managemen kita juga harus melakukan sistem tata kelola ASN dan pengendalian gratifikasi," ungkapnya.

Hadir mendampingi Plh Sekda dalam Rakornas, Kepala Inspektorat Kabupaten Bengkalis Radius Akima, Sekretaris Inspektorat Dedy Kurniawan dan sejumlah pejabat lainnya.


Berita Lainnya

Tulis Komentar